Proses Naturalisasi Masih Belum Jelas, 3 Pemain Ini Terancam Tak Main di Piala Asia U-20 2023
Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Ivar Jenner dan Justin Hubner. (Foto: Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick masih belum tentu tampil di Piala Asia U-20 2023. Pasalnya, proses naturalisasi ketiga pemain itu masih belum ada titik terang.

Situasi ini diungkap oleh Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri. "Saya tidak bisa menjawab itu (peluang pemain naturalisasi tampil di Piala Asia U-20 2023)," ucap Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, saat ditemui di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat, Senin 30 Januari.

"Nanti kalau bilang bisa, ternyata tidak bisa. Nanti ditanya lagi siapa penyebab tidak bisa," sambung mantan pelatih Bali United itu.

Sejauh ini proses naturalisasi ketiga pemain itu masih terus diupayakan dan hal itu dijamin oleh Indra Sjafri. Namun soal perkembangan proses legalitasnya, pria asal Sumatera Barat itu berhati-hati dan mengaku belum bisa membeberkan sejauh mana.

"Sedang dalam proses. Saya tidak bisa sebutkan di mana sekarang (perkembangan dari proses naturalisasi)," ucap mantan pelatih timnas U-19 Indonesia itu.

"Tetapi, kita doakan ini lebih cepat dari yang biasa," tutupnya.

Meski demikian, Indra Sjafri menekankan bahwa ketiganya akan bisa membela timnas U-20 Indonesia di Piala Dunia U-20 2023. Seperti diketahui agenda itu akan berlangsung di Indonesia dan bergulir pada 20 Mei-11 Juni 2023.

Menjelang Piala Asia U-20 2023 yang berlangsung di Uzbekistan Maret nanti, Timnas Indonesia terus melakukan persiapan matang. Tim asuhan Shin Tae-yong ini terdekat akan kembali menggelar pemusatan latihan (TC) pada 1-28 Februari 2022.

Terdapat 30 pemain yang dipanggil untuk ikut serta ke Uzbekistan, namun dari daftar tersebut tidak ada nama Justin Hubner, Ivar Jenner, serta Rafael Struick.