Witan Sulaeman Ikuti Jejak Egy Maulana Vikri, 'Pulang Kampung' dari Eropa dengan Gabung Persija Jakarta
Witan Sulaeman gabung Persija Jakarta. (Foto: Dok. Persija Jakarta)

Bagikan:

JAKARTA — Witan Sulaeman resmi menjadi pemain Persija Jakarta. Ia sudah didaftarkan Macan Kemayoran untuk mengarungi sisa musim Liga 1 Indonesia musim 2022/2023.

Persija dalam keterangan di situs resmi klub sudah mengonfirmasi perekrutan pemain tim nasional Indonesia itu. Ia adalah pemain kelima yang didatangkan untul menambah kedalaman skuat Thomas Doll.

"Witan akan berseragam merah kebesaran Persija selama 3,5 tahun atau 42 bulan ke depan," demikian tulis Persija dalam keterangan resmi pada Selasa, 31 Januari 2023 pagi.

Hanya saja Macan Kemayoran tidak merinci mekanisme untuk mendapatkan tanda tangan sang pemain. Padahal, pemain 21 tahun ini diketahui diikat kontrak dengan klub Slovakia FK Trencin selama 2 tahun atau baru berakhir pada Juni 2024 nanti.

Pemain kelahiran Palu ini adalah jebolan sekolah sepak bola di Diklat Ragunan. Bakatnya kemudian terpantau oleh pelatih timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri pada saat itu sehingga dipanggil ke dalam skuat Garuda.

Witan awalnya terjun ke sepak bola profesional pada periode 2019. Pada saat itu ia bermain untuk PSIM Yogyakarta yang berkompetisi di Liga 2 Indonesia.

Pada tahun 2020 Witan meninggalkan PSIM untuk mencicipi kehidupan sepak bola profesional di Eropa dengan bergabung ke tim Serbia FK Radnik Surdulica. Di sana ia minim mendapat kesempatan bermain, hanya dua kali tampil dengan total 71 menit.

Setahun berselang, ia pun bergabung ke klub Polandia Lechia GdaƄsk. Namun, baru setengah musim berjalan dan belum sempat tampil, Witan justru dipinjamkan ke klub asal Slovakia, FK Senica.

Catatan Witan di FK Senica pun menonjol. Ia tampil membela klubnya sebanyak 12 kali, mencetak empat gol, dan satu assist. Usai dari masa peminjamannya di FK Senica pada 11 Mei 2022, Witan pindah ke klub Slovakia lainnya, yakni AS Trencin.

Selama di AS Trencin, Witan bermain sebanyak 14 kali, dengan catatan empat gol dalam 458 menit bermain. Selain mempunyai catatan baik selama berkarir di level klub, Witan pun merupakan langganan Timnas.

Witan sudah debut di timnas Indonesia sejak usia 15 tahun tujuh bulan saat tampil di Indonesia kelompok umur U-19. Sampai saat ini Witan sudah mempersembahkan piala AFF U-22 2019, medali perak SEA Games 2019, dan runner up Piala AFF 2020.