Lika-liku Perjalanan Karier Witan Sulaeman, dari Liga 2, Eropa hingga Berlabuh ke Persija Jakarta
Witan Sulaeman gabung Persija Jakarta. (Foto: Dok. Persija Jakarta)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Lika-liku perjalanan karir Witan Sulaeman, bintang Timnas Indonesia yang kini berlabuh ke Persija Jakarta dapat disimak pada artikel berikut ini.

Pemain kelahiran Palu, Sulawesi Tengah, 8 Oktober 2001 itu diboyong ke Jakarta dengan status transfer compensation dari klub Slovakia, AS Trencin. Witan dikontrak dengan masa 3,5 tahun atau 42 bulan.

Pemain anyar Persija Jakarta itu tiba di Jakarta pada Kamis, 2 Februari 2023 siang. Persija Jakarta melalui akun Instagram resminya mengajak seluruh The Jakmania (suporter Persija Jakarta) turut menyambut kedatangan Witan.

Perjalanan Karir Witan Sulaeman

Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu, 4 Februari 2022, Witan Sulaeman memulai karier sepak bolanya saat masuk ke sekolah sepak bola (SSB) Galara Utama di Kota Palu. Kala itu, ia masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama.

Selama bermain untuk SSB Galara, Witan kerap diturunkan dalam ajang Liga Pelajar Indonesia dan Piala Kemenpora.

Setelah tamat SMP, Witan mengadu nasib dengan merantau ke Ibu Kota. Ia terbang ke Jakarta untuk mengikuti seleksi disebuah klub dan diterima di PPLP Ragunan atau Diklat Ragunan.

Ternyata hal ini menjadi titik yang sungguh berarti bagi karier Witan. Ia berjumpa dengan Egy Maulana Vikri dan akhirnya sama-sama menembus Timnas Indonesia U-19.

Turnamen sepak bola internasional pertama yang diikuti Witan bersama Timnas Indonesia U-19 yakni Toulon Cup di Prancis.

Tak hanya itu, Witan Sulaeman juga ikut serta dalam ajang SEA Games 2019 bersama Timnas Indonesia U-23.

Pada ajang Piala AFF 2020, Witan Sulaeman berhasil mendapat predikat sebagai pemain dengan assist terbanyak. Dalam ajang tersebut, Witan memberikan lima assist untuk gol Indonesia sampai partai final.

Hanya saja, skuad Garuda gagal membawa pulang trofi Piala AFF 2020. Timnas Indonesia kalah 2-6 dalam dua leg final Piala AFF 2020 kontra Thailand.

Pada 2018, Witan menjalin hubungan dengan klub Eropa. Kala itu, namanya santer diberitakan bakal mengikuti jejak Egy Maulana yang mampu menembus skuat Lechia Gdansk.

Pada 16 November 2018, Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta, memberikan kode bahwa ada klub Eropa yang menaruh minat dengan skill Witan. Isnanta juga mengaku, bahwa pihak Kemenpora akan membantu Witan agar dipermudah berangkat menuju Eropa.

Akan tetapi, winger Timnas Indonesia itu tak kunjung jua menerima kontrak resmi dari klub Eropa, karena menunggu usianya masuk 18 tahun. Witan pun memilih untuk meneruskan karier sementara di klub Liga 2 2019, PSIM Yogyakarta, pada tanggal 18 Agustus 2019.

Di PSIM Yogyakarta, Witan berhasil menunjukkan peforma apik. Ia pun dilirik oleh pelatih Indra Sjafri untuk bermain dengan tim nasional Indonesia.

Kariernya di tim nasional Indonesia juga cukup mentereng. Witan menjadi pemain pembeda dalam skuad Garuda Muda (julukan tim nasional U-19).

Setelah namanya bersinar bersama Timnas Indonesia, Witan memutuskan untuk keluar dari PSIM pada tahun 2020 dan bergabung dengan Fk Radnik Surdulica (salah satu klub di Liga Sebia). Bersama tim tersebut, ia sudah mencatatkan 71 menit permainan dari dua laga.

Setahun berikutnya, pemain berjuluk Baby Shark itu dikontrak Lechia Gdansk, Polandia, klub yang juga pernah disinggahi oleh rekannya di tim nasional, yaitu Egy Maulana Vikri.

Setelah bersama Lechia Gdansk selama setengah musim, Witan dipinjamkan ke klub Slovakia, FK Senica. Kali ini, ia mendapatkan kesempatan yang lebih banyak.

Saat memperkuat SK Senica, Witan berhasil membukukan empat gol dan satu asis dari 12 pertandingan yang ia jalani. Masa peminjamannya di FK Senica selesai pada tanggal 11 Mei 2022, dan selanjutnya Witan pindah ke klub Slovakia lainnya, yaitu AS Trencin.

Witan Sulaeman
Witan Sulaeman (Foto: Twitter.com/@astrencin)

Bersama AS Trencin, Witan Sulaeman mengantongi 458 menit bermain dan membuahkan empat gol.

Kini, Witan tengah menanti babak barunya dengan Persija. Ini merupakan kali pertama Witan akan berlaga di Liga 1.

Hingga saat ini, Witan telah mempersembahkan piala AFF U-22 2019, medali perak SEA Games 2019, serta runner up Piala AFF 2020.

Demikianlah perjalanan karier Witan Sulaeman, pemain sepak bola muda berbakat yang saat ini bergabung dengan Persija. Dapatkan update berita terkini hanya di VOI.id.