5 Transfer Termahal dalam Sejarah Liga Inggris
Pemain baru Chelsea, Enzo Fernandez. (Foto: Twitter @ChelseaFC)

Bagikan:

JAKARTA – Keputusan Chelsea membeli Enzo Fernandez dari Benfica memecahkan rekor transfer di Liga Inggris.

Tidak mungkin menafikan kenyataan bahwa Premier League Inggris sebagai salah satu kompetisi paling populer di kolong langit. Popularitas yang tinggi itu otomatis membuat para kontestannya panen cuan besar.

Pendapatan yang diperoleh dari hak siar, sponsor, penjualan kostum pemain, dan lainnya, membuat banyak klub di kasta tertinggi Inggris itu punya kantong gemuk. Ini tercermin dari banyaknya uang yang mereka investasikan di pasar transfer.

Di jendela transfer musim dingin ini, klub-klub Liga Inggris dikabarkan mengeluarkan total uang sebanyak 763 juta euro (Rp12,4 triliun). Angka itu puluhan kali lipat dibanding La Liga Spanyol yang hanya menggelontorkan total 20 juta euro.

Berikut ini adalah lima transfer termahal di Premier League Inggris:

Enzo Fernandez (Chelsea)

Benfica mengontrak Enzo dari River Plate musim panas lalu hanya dengan 10 juta euro. Namun, dia langsung menjadi pemain penting bagi raksasa Portugal itu dalam waktu singkat.

Penampilan di Benfica membuat ia diboyong pelatih Lionel Scaloni masuk ke skuat timnas Argentina untuk Piala Dunia 2022 Qatar. Di ajang itu ia dinobatkan sebagai Pemain Muda Terbaik Kompetisi bersamaan dengan keberhasilan Argentina mengangkat trofi.

Apa yang ia torehkan di Timur Tengah membuat klub-klub elit Eropa mulai mengejarnya di bursa transfer Januari kemarin. Awalnya terlihat mustahil membujuknya pindah.

Akan tetapi, Chelsea pun kemudian bersedia mengaktifkan klausul pelepasan sebesar 121 juta euro (Rp1,9 triliun) sekaligus menjadikan Enzo sebagai rekrutan termahal di sejarah Liga Premier Inggris.

Jack Grealish (Manchester City)

Juara bertahan Liga Premier Inggris Manchester City membuat penandatanganan termahal mereka sepanjang masa saat mengamankan jasa Grealish dari Aston Villa pada jendela transfer musim panas 2021 silam.

Laporan pada saat itu mengklaim City harus membayar 117,5 juta euro untuk membawa Grealish ke Etihad. Grealish memulai musim yang tidak memuaskan, tapi sekarang ia mulai menemukan ritmenya.

Kepiawaiannya di atas lapangan membuat ia termasuk dalam salah satu gelandang serang terbaik di Liga Premier saat ini. Ia tampaknya ditakdirkan bermain untuk salah satu dari klub terbesar di Eropa.

Romelu Lukaku (Chelsea)

Harga pemain internasional Belgia ini langsung meroket setelah ia sukses mengantarkan Inter Milan meraih gelar Serie A pada musim 2020/2021 untuk mengakhiri dominasi Juventus.

Chelsea yang pada saat itu sedang mencari striker pun langsung membidik mantan pemain mereka itu sebagai target utama. Usaha mereka kemudian membuahkan hasil dengan nilai transfer 113 juta euro yang memecahkan rekor pembelian klub pada saat itu.

Ia memulai musim dengan baik, tetapi performa mantan striker Manchester United itu menurun secara drastis selama kampanye di sisa musim. Ia pun kemudian dipinjam ke Inter Milan pada musim panas lalu.

Selain performa, ia disingkirkan dari Stamford Bridge karena wawancara kontroversial dengan Sky Sports pada akhir Desember 2021. Wawancara itu membuat dirinya semakin tidak disukai pendukung setia The Blues.

Paul Pogba (Manchester United)

Manchester United membiarkan Paul Pogba pergi sebagai agen bebas pada tahun 2012. Pemain internasional Prancis itu kemudian bergabung dengan raksasa Italia Juventus sebelum kembali lagi ke Old Trafford empat tahun setelahnya.

Penampilan yang apik di Italia membuat United yang pada saat itu diasuh Jose Mourinho harus mengeluarkan uang sebesar 105 juta euro untuk mendapatkan kembali produk akademi mereka.

Sayang, Pogba mengalami masa-masa kacau di Manchester United pada kesempatan keduanya. Ia pun kemudian meninggalkan klub musim panas lalu sebagai agen bebas untuk kedua kalinya.

Antony (Manchester United)

Manchester United (MU) mendatangkan Antony pada musim panas lalu untuk memecahkan masalah di sektor sayap kanan. Pemain asal Brasil itu diboyong oleh Erik ten Hag yang baru saja mengambil alih kursi pelatih Setan Merah.

Usaha MU untuk mendapatkan Antony dari Ajax pun berjalan sedikit alot. Pasalnya, klub Belanda itu tidak mau membiarkan pemain mereka meninggalkan klub dengan harga murah.

Oleh karena itu, klub yang bermarkas di Old Trafford itu lun harus mengeluarkan uang sebesar 95 juta euro untuk menandatangani pemain yang saat ini berusia 22 tahun tersebut.