Chelsea Rombak Daftarkan Skuad untuk Liga Champions, Hanya 3 Pemain  Baru yang Masuk, Sementara Aubameyang Jadi Korban
Ilustrasi Chelsea. (Foto: Twitter @ChelseaFC)

Bagikan:

JAKARTA – Pierre Emerick-Aubameyang dicoret dari skuad Chelsea untuk fase gugur Liga Champions Eropa 2022/2023. Pemain internasional Gabon itu ditinggalkan untuk mengakomodasi pemain baru.

Seperti diketahui, tim berjuluk The Blues itu baru saja menggelontorkan uang begitu banyak untuk membeli pemain di bursa transfer Januari kemarin. Total delapan pemain mereka boyong ke London.

Mereka tercatat mengeluarkan dana sebesar 107 juta poundsterling (Rp1,9 triliun) hanya untuk mendapatkan Enzo Fernandez dari Benfica. Laporan menyebut klub London masih harus menambah 4 juta pound untuk transaksi itu.

Pembelian itu membuat rekor transfer termahal sejarah sepak bola Inggris. Namun, peraturan UEFA membuat mereka hanya dapat memasukkan tiga pemain baru ke dalam skuat Liga Champions Eropa di babak gugur nanti.

Enzo sebagai pemain termahal di Inggris, termasuk satu dari tiga nama baru yang didaftarkan di ajang paling bergengsi antarklub Eropa itu. Ia diikutsertakan bersama Mykhailo Mudryk dan Joao Felix, yang merupakan pendatang baru juga.

Ini otomatis rekan-rekannya mereka yang lain yang juga dibeli Januari kemarin harus gigit jari. Mereka adalah David Datro Fofana, Noni Madueke, Andrey Santos, Gabriel Slonina, dan Benoit Badiashile.

Kepergian Jorginho ke Arsenal menjelang penutupan bursa transfer musim dingin kemarin membebaskan satu tempat di skuat, yang awalnya hanya berisi 24 pemain untuk fase grup.

Akan tetapi, satu pemain lain juga harus dicoret untuk memberikan ruang bagi Enzo, Mykhailo, dan Felix. Oleh karena itu, Aubameyang pun harus dikorbankan dari tim yang bermarkas di Stamford Bridge tersebut.

Pemain 33 tahun tidak memiliki banyak pertandingan di bawah asuhan Graham Potter. Namun, mantan pemain Barcelona ini masih memiliki kans mendapatkan tempat di skuat bersama Hakim Ziyech.

Ziyech sendiri dikaitkan dengan perpindahan ke Paris Saint-Germain, tetap transfer itu kemudian gagal terwujud. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika dia akan menjadi korban.

Meski demikian, gagalnya transfer Ziyech jelas membuat Aubameyang semakin frustasi karena ia kemungkinan besar harus berbagi waktu bermain bersama Ziyech. Apalagi ia hanya mencetak tiga gol dan menjadi starter dalam sembilan pertandingan sejak Potter mengambil alih kursi pelatih Chelsea.

Setelah dicoret dari skuat Liga Champions, Aubameyang berfoto di Milan bersama saudaranya pada Jumat malam. Foto itu bersamaan dengan rekan-rekan setimnya sedang menghadapi Fulham.

Chelsea akan menghadapi Borussia Dortmund di babak 16 besar Liga Champions Eropa. Skuat Potter akan bermain tandang pada leg pertama di Signal Iduna Park, Kamis 16 Februari nanti, sebelum gantian menjamu raksasa Jerman di Stamford Bridge, 8 Maret.