Rekap Transfer Pemain Klub Premier League Inggris di Januari: Chelsea Paling Royal, MU Cuma Bisa Pinjam
Chelsea paling boros di bursa transfer Januari. (Foto: Twitter/@ChelseaFC)

Bagikan:

JAKARTA - Bursa transfer periode Januari resmi ditutup. Total biaya yang dikeluarkan klub-klub Premier League Inggris dalam periode ini mencapai 815 juta poundsterling (Rp14,8 triliun).

Dari total itu, 275 juta poundsterling (Rp5 triliun) dikeluarkan di menit-menit akhir bursa transfer untuk memperkuat timnya. Chelsea menjadi tim yang paling boros karena membeli banyak pemain.

Tidak ada klub yang mengeluarkan dana lebih besar dari Chelsea untuk belanja tujuh pemain dan satu pinjaman. The Blues merogoh kocek Rp5,3 triliun untuk membeli Benoit Badiashile, David Datro Fofana, Andrey Santos, Mykhailo Mudryk, Noni Madueke, Malo Gusto, Enzo Fernandez dan meminjam Joao Felix dari Atletico.

Sementara sang pemuncak klasemen, Arsenal, berusaha mempertahankan kekuatan dengan mendatangkan Jorginho dan Leandro Trossard dengan biaya yang relatif kecil. The Gunners juga dapat tambahan kekuatan dari bek tengah internasional Polandia, Jakub Kiwior.

Manchester United menempuh jalan berbeda di bursa transfer kali ini. Ketimbang membeli, Setan Merah memilih untuk meminjam tiga pemain. Mereka adalah Jack Butland dari Crystal Palace, Wout Weghorst dari Burnley, dan Marcel Sabitzer dari Bayern Munich.

Di sisi lain, Liverpool dan Manchester City kompak hanya mendatangkan satu pemain. The Reds memboyong Cody Gakpo dari PSV seharga 45 juta poundsterling atau setara Rp 830 miliar.

Sedangkan City mendapat Maximo Perrone dari klub Argentina, Velez Sarsfield dengan harga cukup murah yaitu, 8 juta poundsterling (Rp147 miliar) setelah ditinggal Joao Cancelo ke Bayern Munchen.

Newcastle United yang sedang berjuang di papan atas, merekrut Anthony Gordon dari Everton, Harrison Ashby dari West Ham United dan Garang Kuol dari Central Coast Mariners dengan menghabiskan total Rp867 miliar.

Sementara Nottingham Forest juga ngebut belanja dengan meminjam Keylor Navas dari PSG lalu beli Felipe dan Jonjo Shelvey. Sedangkan Tottenham Hotspur juga mendatangkan tiga pemain baru yaitu Pedro Porro, Jude Soonsup-Bell, dan Arnaut Danjuma.