Lionel Messi Semakin Melampaui Cristiano Ronaldo
Lionel Messi (kiri) dan Cristiano Ronaldo. (Foto: Twitter/@RiyadhCup)

Bagikan:

JAKARTA – Lionel Messi kembali membukukan rekor baru untuk melewati Cristiano Ronaldo. Rekor itu tercipta saat dia membantu Paris Saint-Germain (PSG) mengalahkan Montpellier pada lanjutan Ligue 1 Prancis.

Pemenang Piala Dunia 2022 itu mencetak satu gol saat PSG mengamankan kemenangan 3-1 atas tuan rumah pada pekan ke-21 di Stadion Mosson, Kamis, 2 Februari dini hari WIB.

Itu adalah gol ke-697 yang dibukukan Messi di level klub yang bermain di kategori lima liga top Eropa. Pemain internasional Argentina berusia 35 tahun itu kini unggul satu gol atas Ronaldo.

Sebelum pertandingan ini Messi sudah mencetak 696 gol atau sejajar dengan Ronaldo. Catatan ini juga istimewa buat Messi karena ia ukir dalam 84 pertandingan lebih sedikit dari megabintang asal Portugal tersebut

Rekor ini kian sulit dikejar Ronaldo yang saat ini bermain di Asia bersama klub Arab Saudi Al Nassr. Untuk bisa mengejar La Pulga, Ronaldo mau tidak mau harus kembali dan bermain di salah satu dari lima liga top di Eropa.

Namun, kesempatan itu sekarang terlihat cukup sulit karena klub Eropa mayoritas tidak meminatinya lagi. Selama berkarier di Eropa, Ronaldo total mencetak 450 gol untuk Real Madrid, 145 untuk Manchester United, dan 101 untuk Juventus.

Puncak karier Messi dan Ronaldo terjadi ketika mereka sama-sama menghabiskan sembilan musim di La Liga Spanyol, di mana Messi tercatat memperkuat Barcelona dan Ronaldo mengenakan seragam Real Madrid.

Keduanya total mengamankan 76 trofi utama (Messi 42, Ronaldo 34) selama berkarier di sepak bola. Catatan tersebut membuat kedua nama itu menjadi pemain yang paling banyak meraih penghargaan dalam sejarah sepak bola.

Tambahan satu gol dini hari tadi membuat Messi sudah membukukan total 14 gol untuk PSG di semua kompetisi pada musim ini. Mantan pemain Barcelona itu juga mencatat angka yang sama untuk assist.

Sementara itu, Ronaldo sejauh ini belum mencetak gol bersama klub barunya. Ia gagal membobol gawang lawan saat Al Nassr menang 1-0 atas Ettifaq dan kalah 0-3 dari Al Ittihad di ajang Piala Super Arab Saudi.