Kontroversi Menyelimuti Keperkasaan Barcelona
Pemain Barcelona merayakan kemenangan atas Real Betis. (Foto: Twitter/@FCBarcelona)

Bagikan:

JAKARTA - Barcelona memantapkan posisinya di puncak klasemen sementara La Liga Spanyol. Itu berkat kemenangan 2-1 atas Real Betis pada jornada ke-17 di Stadion Benito Villamarin, Kamis, 2 Februari, dini hari WIB.

Dua gol Barcelona dicetak Rapinha dan Robert Lewandowski di babak kedua. Real Betis memperkecil ketertinggalan lewat gol bunuh diri Jules Kounde.

Namun, kemenangan ini diwarnai kontroversi. Tim lawan menuding gol pertama seharusnya dianulir.

"Gol pertama itu kontroversial. Sudah terjadi pelanggaran terhadap Aitor Ruibal dan itu tidak diberikan," cetus pelatih Betis, Manuel Pellegrini.

Sementara pelatih Barcelona, Xavi menyebut timnya telah memainkan permainan yang brilian. Dia juga menilai performa anak asuhnya lebih baik dari laga terakhir melawan Girona.

"Hari ini, kuncinya tak kehilangan bola dan kami meminimalisir itu. Kami mendominasi sejak awal," tutur Xavi.

Kemenangan ini sekaligus memperpanjang catatan tidak terkalahkan Barcelona dalam 10 pertandingan terakhir. Blaugrana tampil perkasa dengan 9 kali menang dan satu hasil imbang.

Posisi Barca juga kukuh di puncak klasemen dengan raihan 50 poin dari 19 laga, unggul delapan poin dari Real Madrid di posisi kedua yang baru bermain 18 kali.

Susunan pemain

Real Betis (4-2-3-1): Rui Silva; Aitor Ruibal (Sabaly 78'), German Pezzella, Luiz Felipe, Abner Vinicius; William Carvalho (Guardado 63'), Guido Rodriguez; Luiz Henrique, Nabil Fekir (Juanmi 63'), Sergio Canales; Borja Iglesias (Willian Jose 77')

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Jules Kounde, Andreas Christensen, Ronald Araujo, Alejandro Balde; Frenkie de Jong, Sergio Busquets, Pedri (Franck Kessie 90'); Raphinha (Ansu Fati 80'), Robert Lewandowski, Gavi (Ferran Torres 84')