Pemanggilan Balde Buat Gantikan Gaya Jadi Kontroversi karena Dinilai Mengistimewakan Pemain Barcelona, Luis Enrique Akhirnya Buka Suara
Pelatih timnas Spanyol, Luis Enrique. (Foto: Twitter/@SEFutbol)

Bagikan:

JAKARTA - Keputusan pelatih timnas Spanyol, Luis Enrique, memulangkan Jose Luis Gaya sehari jelang pembukaan Piala Dunia 2022 memicu kontroversi. Apalagi setelah Enrique menunjuk talenta muda Barcelona Alejandro Balde sebagai penggantinya.

Gaya dikabarkan mengalami cedera pergelangan kaki skala ringan dalam sesi latihan Rabu, 16 Noveember, lalu. Itu sehari jelang laga pemanasan terakhir Spanyol menuju Piala Dunia 2022, melawan Yordania di Amman.

Dua hari kemudian, federasi sepak bola Spanyol, RFEF, mengumumkan bahwa bek Valencia itu harus dipulangkan karena cedera yang dialaminya dan Balde dipanggil sebagai pengganti.

Kontroversi muncul ketika Valencia menyatakan bahwa Gaya sebetulnya hanya perlu beristirahat selama 7-10 hari sejak pertama kali diderita. Secara matematis masih memungkinkan bermain di laga kedua Spanyol dalam fase penyisihan grup.

Terlebih lagi, Balde yang dipanggil sebagai pengganti menimbulkan tuduhan dari media Spanyol bahwa Enrique menganak emaskan pemain-pemain Barcelona. Balde menjadi pemain Barcelona kedelapan yang ada di skuad Spanyol untuk Piala Dunia 2022.

Enrique bersikeras bahwa cedera yang dialami Gaya membutuhkan waktu 10-15 hari untuk bisa pulih dan ia mengaku tidak bisa mengambil risiko.

Dia mengaku harus cepat mengambil keputusan. Pasalnya, stok pemain di sektor itu terbilang sulit didapat.

"Saya harus mengambil keputusan. Apabila saya mengikuti hati, dia (Gaya) akan tetap berada di sini, tapi saya harus mengambil keputusan dengan kepala," kata Enrique seperti dikutip dari Antara, Selasa, 22 November.

"Cedera yang dialaminya butuh waktu pemulihan 10-15 hari dan dia sudah pasti tidak bisa main di dua pertandingan. Sebagai seorang pelatih timnas, saya harus melakukan yang terbaik untuk tim," lanjutnya.