Kegigihan Chelsea Akhirnya Membuat Benfica Luluh, Enzo Fernandez Jadi Dibeli Rp,19 Triliun tapi Dicicil
Enzo Fernandez akhirnya dilepas Benfica ke Chelsea. (Foto: Twitter/@SLBenfica)

Bagikan:

JAKARTA — Benfica dikabarkan sudah melepas pemain mereka Enzo Fernandez ke Chelsea. Gelandang timnas Argentina itu disodori kontrak delapan setengah tahun oleh raksasa London tersebut.

Transfer tersebut telah dikonfirmasi oleh dalam sebuah pernyataan oleh Benfica. Pernyataan lengkap klub Portugal itu dibagikan jurnalis ternama Fabrizio Romano di Twitter pribadinya dan dimuat media Portugal A Bola.

"Benfica menginformasikan bahwa telah mencapai kesepakatan dengan Chelsea FC untuk penjualan seluruh hak-hak pemain Enzo Fernández," demikian bunyi pernyataan itu.

Pernyataan itu merinci nominal kesepakatan tersebut bernilai 121 juta euro atau Rp1,9 triliun. Angka ini resmi memecahkan rekor transfer termahal dalam sejarah sepak bola Inggris.

Kesepakatan mendatangkan Enzo dicapai Chelsea menjelang penutupan bursa transfer Januari. The Blues dilaporkan akan membayar 30 juta euro di muka, diikuti dengan lima kali cicilan.

Chelsea nantinya berhak untuk mempertahankan mekanisme solidaritas sebesar 3,78 persen untuk didistribusikan kepada klub-klub yang selama berpartisipasi dalam pelatihan sang pemain.

Sementara itu, Benfica akan dikenakan biaya untuk jasa perantara sebesar 6,56 persen dari nilai penjualan yang dipotong dari jumlah solidaritas. Mereka juga harus menyerahkan kepada River Plate sebesar 25 persen dari nilai transfer yang dipotong dari jumlah solidaritas dan jasa perantara.

Enzo bergabung dengan Chelsea beberapa jam setelah kepergian gelandang Jorginho ke Arsenal. Pemain internasional Italia itu merapat ke rival tim London dalam kesepakatan yang diyakini bernilai 12 juta poundsterling.

Pemenang Piala Dunia 2022 Qatar ini kabarnya akan terbang ke London pada Rabu, 1 Februari untuk menjalani tes medis.

Enzo bergabung dengan Benfica seharga 10 juta poundsterling dari River Plate pada Juli 2020 lalu. Selama di sana ia tercatat sudah tampil sebanyak 25 kali dan mencetak tiga gol.

Saat berada di Plate, Enzo tercatat mencetak 12 gol dan mencatatkan 10 assist dalam 53 pertandingan sebelum pindah ke Eropa. River Plate memiliki klausul penjualan 25 persen pada transfer Fernandez ke Chelsea.