Lewati Ronaldo, Messi Cetak 672 Gol Non-penalti: Terbanyak dalam Sejarah 
Lionel Messi (Instagram @psg)

Bagikan:

JAKARTA — Lionel Messi sukses membuat rekor baru sebagai pemain dengan gol non-penalti terbanyak dalam sejarah melewati rivalnya Cristiano Ronaldo.

Pemain internasional Argentina itu mencetak satu-satunya gol untuk membantu Paris Saint-Germain (PSG) meraih kemenangan atas tuan rumah Olympique Lyon di pekan kedelapan Ligue 1 Prancis di Parc OL, Senin, 19 September dini hari WIB.

Tambahan satu gol itu membuat La Pulga total sudah membukukan 672 gol non-penalti dalam karier profesionalnya. Jumlah itu melampaui Ronaldo yang tercatat baru membuat 671 gol non-penalti.

Selain itu, Messi juga menyalip Ronaldo terkait jumlah laga untuk mencapai rekor itu. Ia tercatat cuma memainkan 150 laga lebih sedikit dibanding superstar Manchester United itu.

Namun, secara total termasuk penalti, Ronaldo masih tercatat sebagai pencetak gol paling banyak gol dibanding Messi. Pemain timnas Portugal itu total mencetak 699 gol dalam 941 pertandingan di semua kompetisi untuk empat klub berbeda.

Ronaldo juga telah mencetak lebih dari 50 gol dalam satu musim selama enam musim berturut-turut untuk Real Madrid antara 2010/2011 dan 2015/2016.

Sementara itu, Messi mencetak 688 gol dalam 822 laga kompetitif di semua kompetisi untuk Barcelona dan PSG. Selain itu, ia juga mencetak lebih dari 30 gol dalam satu musim selama 13 musim berturut-turut untuk Barcelona antara 2008/2009 dan 2020/2021.

Sampai saat ini Ronaldo punya penampilan paling banyak bagi negeranya dibanding Messi. Penyerang berusia 37 tahun itu telah membuat 189 penampilan untuk Portugal.

Ia pernah tampil di empat Piala Dunia, lima Kejuaraan Eropa, satu Final Liga Bangsa-Bangsa dan satu Piala Konfederasi.

Sementara itu, Messi baru membuat 162 penampilan untuk Argentina. Sama seperti Ronaldo, ia juga bermain empat kali tampil Piala Dunia serta enam Copa America.