3 Rekor Cristiano Ronaldo yang Sudah Dilewati Lionel Messi Musim Ini, Jadi Siapa yang Terbaik?
Lionel Messi (kiri) dan Cristiano Ronaldo selalu terlibat dalam persaingan. (Foto: Twitter @championsleague)

Bagikan:

JAKARTA - Tidak bisa disangkal bahwa Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi adalah dua pemain sepak bola tersukses saat ini. Itu terbukti keduanya bisa memenangi total 12 Ballon d'Or.

Messi memenangi tujuh di antaranya, sedangkan Ronaldo mengoleksi lima.

Untuk itu, argumen tentang siapa yang terbaik di antara keduanya seperti tak ada habisnya. Bahkan, bisa saja terus menjadi perdebatan di kalangan penggemar selama bertahun-tahun yang akan datang.

Dari jumlah gol yang dicetak, trofi yang diraih, dan rekor individu, Ronaldo dan Messi selalu saling bersaing satu sama lain. Namun, musim ini Ronaldo belum dalam performa terbaiknya.

Pemain timnas Portugal itu, menjalani awal yang lambat dengan hanya membuat tiga gol dan satu assist dalam 14 pertandingan. Di sisi lain, Messi tampil sangat cemerlang bersama raksasa Prancis, Paris Saint-Germain (PSG).

Pemain berjuluk La Pulga itu tampil luar biasa musim ini. Dia mencatatkan 11 gol dan 12 assist di berbagai kompetisi sejauh ini.

Sementara itu, absennya Ronaldo dari Liga Champions Eropa dan awal yang lambat musim ini telah memungkinkan Messi melewati beberapa rekornya pemain timnas Portugal itu.

Berikut ini adalah tiga rekor Ronaldo yang telah disusul Messi, seperti dilansir dari berbagai sumber:

Membobol 39 tim berbeda di Liga Champions Eropa

Pada awal musim ini, Messi dan Ronaldo tercatat setara dalam rekor mecetak gol ke gawang berbeda di Liga Champions Eropa. Total mereka sama-sama sudah melakukannya ke gawang 38 tim berbeda di kompetisi antarklub paling elit itu.

Namun, La Pulga sekarang unggul atas rivalnya itu setelah membobol gawang Maccabi Haifa pada 15 September lalu. Usaha Ronaldo untuk kembali mengejar rekor ini pun bisa dilakukannya musim depan andai Manchester United lolos ke kompetisi itu.

Gol Non Penalti Terbanyak

Ronaldo dan Messi adalah dua pemain dengan jumlah gol tertinggi dalam sejarah sepak bola. CR7 saat ini memimpin dengan 818 gol, sedangkan bintang PSG memiliki 785 gol dalam karir.

Namun, Messi yang merupakan mantan kapten Barcelona justru unggul atas Ronaldo dalam urusan mencetak gol non penalti. Kedua pemain imbang untuk gol non penalti (671) pada awal musim 2022/2023, tetapi Messi kemudian melewati Ronaldo ketika ia mencetak gol kemenangan PSG melawan Olympique Lyon pada 18 September.

Messi saat ini memiliki 681 gol non penalti atau delapan lebih banyak dari Ronaldo yang mencetak 673 gol non penalti. Sementara itu, untuk gol penalti Ronaldo berada di angka 145 gol, sedangkan Messi 104 gol.

Gol terbanyak dari luar kotak penalti di Liga Champions Eropa

Absennya Ronaldo dari Liga Champions Eropa telah memberi ruang bagi Messi untuk menutup celah dan menyalipnya pada beberapa rekor di kompetisi ini.

Pemenang Ballon d'Ór tujuh kali itu baru-baru ini mengungguli rivalnya itu dalam hal gol dari luar kotak penalti di Liga Champions Eropa (23 gol). Messi pun unggul satu gol dari Ronaldo yang telah mencetak 22 gol dari luar kotak penalti lawan.

Messi mencapai prestasi ini ketika dia mencetak gol keempat PSG dalam kemenangan 7-2 atas Maccabi Haifa baru-baru ini.