Cristiano Ronaldo Memang Tak Pantas Bersaing dengan Lionel Messi untuk Jadi Pemain Terbaik FIFA 2022
Pemain Al Nassr, Cristiano Ronaldo. (Foto: Twitter/@AlNassrFC)

Bagikan:

JAKARTA - Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) telah mengumumkan 14 daftar nama pemain yang masuk dalam nominasi pemain terbaik 2022. Tak ada nama Cristiano Ronaldo.

Nama-nama pemain beken seperti Lionel Messi, Kylian Mbappe, Neymar, Karim Benzema, Luka Modric hingga Robert Lewandowski menghiasi daftar tersebut.

Ini jadi kali pertama peraih dua gelar Pemain Terbaik FIFA itu tak masuk dalam daftar nominasi. Jika menilik situasi pada tahun 2022, khususnya dalam beberapa bulan terakhir, hal ini tak mengejutkan.

Performa CR7 memang jauh menurun. Kondisinya yang belakangan lebih banyak jadi kontroversi, ditengarai jadi alasan.

Ronaldo kini telah menepi ke klub asal Arab Saudi, Al Nassr. Ia hengkang dari Manchester United lantaran situasi panas akibat wawancara kontroversialnya bersama Piers Morgan.

Tapi bukan cuma itu, performa Ronaldo bersama Setan Merah belakangan juga disebut menurun. Merujuk laman Transfermarkt, Ronaldo hanya mampu mencetak tiga gol dan dua assist dalam 16 pertandingan bersama Manchester United.

Begitu juga penampilannya dalam membela timna Portugal di Piala Dunia 2022 lalu. Sang bintang kerap kali jadi cadangan dan gagal membawa timnya melaju ke semifinal setelah kalah 0-1 dari Maroko di perempat final.

Catatan minor itu membuat Ronaldo sulit bersaing dengan Lionel Messi. Pemain Paris Saint-Germain (PSG) itu justru kembali bangkit setelah musim pertama yang sulit di Paris.

Bersama PSG musim ini, Messi telah mencatatkan 20 penampilan dengan torehan 13 gol dan 14 assist. Messi juga berhasil membantu Argentina menjuarai Piala Dunia 2022 dengan torehan torehan tujuh gol yang mengantarnya menjadi pemain terbaik turnamen.

Messi memang layak menyandang status sebagai kandidat kuat. Puncak pembacaan nominasi pemenang penghargaan Pemain Terbaik FIFA sendiri akan dilangsungkan pada 27 Februari.

Sebelumnya, akan ada sesi voting yang akan dilakukan kapten timnas, pelatih timnas, perwakilan media, dan fans yang berlangsung hingga 3 Februari 2023. Fase ini dilakoni FIFA untuk mengumumkan tiga besar nominasi di masing-masing kategori.