Bagikan:

JAKARTA - Penampilan sejumlah pemain Timnas Indonesia, seperti Marselino Ferdinan, Justin Hubner, dan Ivar Jenner mendapat apresiasi dari media asing, ESPN. Hal itu menyusul penampilan apik mereka di laga perdana Grup D Piala Asia 2023 melawan Irak.

Timnas Indonesia vs Irak tersaji di Stadion Ahmed bin Ali pada Senin, 15 Januari 2024 malam WIB. Pada laga itu Skuad Garuda menelan hasil pahit karena kalah 1-3 dari Singa Mesopotamia.

Satu-satunya gol yang berhasil disarangkan Timnas Indonesia merupakan sumbangan dari Marselino Ferdinan. Eksekusi sukses sang pemain pada menit ke-37 itu tak lepas dari umpan silang apik dari Yakob Sayuri.

Meski Skuad Garuda kalah dari Irak, penampilan Marselino di tim ternyata mendapat sorotan dari ESPN. Sumber itu bahkan tak segan menyebut bahwa Marselino sebagai pemain yang bertalenta cemerlang.

"Meski kalah, Indonesia dan beberapa talenta muda mereka yang cemerlang membuktikan bahwa mereka layak berada di panggung terbesar di benua ini (Piala Asia)," tulis ESPN dalam artikelnya pada Selasa, 16 Januari 2024.

"Saat ini, belum ada talenta yang lebih cemerlang di jajaran Merah-Putih selain Marselino Ferdinan."

Selain menyoroti performa pemain KMSK Deinze itu sebagai bintang di laga kontra Irak, ESPN juga membahas performa Justin Hubner dan Ivar Jenner. Dua pemain itu dipuji karena membuat jantung pertahanan Indonesia bisa meredam serangan tajam Irak selama 75 menit.

Selain itu, Jenner yang tampil sebagai gelandang mampu mengatur irama permainan. Saat mendapat bola, Jenner dianggap cekatan dalam mengalirkan bola ke rekan-rekannya.

Adapun Justin Hubner dinilai bertarung keras sebagai gelandang yang lebih defensif. Pemain Wolverhampton Wanderers ini membuat serangan Irak dari tengah mandek, meski sempat juga sering luput dalam pengambilan keputusan.

"Dia (Marselino) bukan satu-satunya prospek berbakat yang tampil mengesankan. Pemain berusia 20 tahun, Ivar Jenner dan Justin Hubner, menawarkan kehadiran nyata di lini tengah," tulis ESPN.

Pada pertandingan melawan Irak, Shin Tae-yong memang menurunkan delapan pemain pemain muda yang usianya masih di bawah 23 tahun sebagai starter. Pada babak kedua, sang pelatih kembali menambah lagi talenta muda U-23 dalam skuad.

Meski tampil dengan pemain-pemain muda, upaya Timnas Indonesia untuk menunjukkan diri bahwa mereka layak berada di Piala Asia 2023 cukup menjadi sorotan. Setelah berjuang keras melawan Irak, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan harus bersiap melawan Vietnam.

Pertandingan kedua Grup D ini akan berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifah pada Jumat, 19 Januari 2024, malam WIB. Laga itu akan menjadi pertandingan penentuan kans lolos kedua tim untuk ke babak 16 besar.