Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Oxford United, Des Buckingham, menyambut hangat kedatangan Marselino Ferdinan. Dia tak segan menlontarkan pujian kepada pemain anyar mereka itu.

Kabar Marselino resmi menjadi bagian dari Oxford United diumumkan oleh klub pada Senin, 19 Agustus 2024, malam WIB. Dengan bergabungnya Marselino ke Oxford, itu berarti menjadi klub Eropa kedua yang disinggahi Marcelino setelah tahun lalu gabung KMSK Deinze.

Sebelum memutuskan menerima Marselino, pihak klub melewati proses seleksi. Buckingham selaku pelatih mengakui bahwa ia sempat menyaksikan video profil sang gelandang.

Dia bahkan tak segan menyebut Marselino adalah pemain muda yang berbakat.

"Marselino adalah pemain yang menarik. Dari pertandingan yang kami tonton dan berita tentangnya dari Asia menunjukkan bahwa dia adalah salah satu pemain muda terbaik yang sedang naik daun," kata Buckingham di situs resmi klub dilansir pada Selasa, 20 Agustus 2024.

"Jadi, ini adalah kesempatan untuk memilikinya di sini dan menjadi bagian dari apa yang kami lakukan," ujarnya.

Pelatih asal Inggris tersebut juga menyadari potensi para pemain Asia lewat pengalamannya melatih klub asal India, Mumbai City.

Selain itu, Buckingham menilai Marselino sebagai sosok pemain yang memang ia cari untuk melengkapi klub.

"Marselino memiliki banyak atribut yang kami cari dalam diri seorang pemain dan individu. Kami dapat melihat bahwa ia memiliki keinginan yang kuat untuk berkembang dan mengambil kesempatan ini," ujar Buckingham.

Terlepas dari sambutan Buckingham, Direktur Operasional Sepak Bola Oxford United, Ed Waldron, juga turut menerima Marselino dengan baik.

"Marselino adalah pemain muda yang sangat menjanjikan. Kami sangat ingin melihat bagaimana dia berkembang dalam tim kami. Klub memiliki hubungan erat dengan Indonesia, kami tahu kemampuan Marselino."

"Meski belum terbukti di level ini, jelas bahwa Marselino sangat berbakat dengan pengalaman internasional yang baik."

"Akan menarik untuk melihat bagaimana dia menyesuaikan diri dengan kehidupan di Oxford United. Kami memiliki lingkungan yang baik di pusat pelatihan."

"Kami merasa ini adalah kesempatan sempurna bagi Marselino untuk menguji kemampuannya dan berkembang bersama pengalaman yang kami miliki," tutur Waldron.

Marselino merupakan bintang muda potensial yang berhasil jadi tulang punggung Timnas Indonesia. Gelandang berusia 19 tahun itu tercatat sudah memiliki 26 penampilan dan tiga gol untuk Skuad Garuda.

Tahun lalu, Marselino juga turut andil membawa Indonesia menjuarai SEA Games 2023 untuk kali pertama dalam 32 tahun terakhir.

Pemain jebolan Persebaya Surabaya tersebut juga memegang rekor sebagai pencetak gol termuda Timnas Indonesia di ajang internasional. Ia juga tercatat sebagai pencetak gol termuda dalam sejarah Piala Asia.

Marselino juga merupakan pemain kunci Timnas Indonesia U-23 saat lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024. Ia juga turut memimpin Indonesia lolos ke babak playoff Olimpiade 2024 meski akhirnya kalah dari Guinea di Paris.

Sementara itu Oxford United baru saja promosi ke Championship 2024/2025. Mereka berhasil memenangi playoff promosi League One 2023/2024 untuk menemani Portsmouth dan Derby County naik level liga.