Shayne Pattynama Sudah Mengucap Sumpah Jadi WNI, Skuad Timnas Indonesia Semakin Garang
Shayne Pattynama (kiri) resmi jadi WNI. (Foto: Instagram/@s.pattynama)

Bagikan:

JAKARTA - Shayne Pattynama resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) setelah mengucap sumpah. Sang pemain pun sudah bisa bergabung dengan Timnas Indonesia.

Pemain kelahiran Belanda 1998 tersebut mengambil sumpah di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta pada Selasa, 24 Januari petang. Ia selanjutnya menunggu perpindahan federasi dari Asosiasi Sepak Bola Kerajaan Belanda (KNVB) ke PSSI.

"Demi Tuhan Yang Maha Esa, saya menyatakan, dan berjanji, dengan sungguh-sungguh melepaskan seluruh kesetiaan saya kepada kekuasaan asing, mengakui tunduk dan setia kepada negara, kesatuan Republik Indonesia, Pancasila dan Undang-Undang dasar negara Republik Indonesia 1945," kata Shayne.

"Dan akan membelanya dengan sungguh-sungguh, serta akan menjalankan kewajiban yang dibebankan negara kepada saya sebagai Warga Negara Indonesia dengan tulus dan ikhlas," imbuh dia.

Shayne adalah pemain ketiga yang resmi dinaturalisasi di era juru taktik Shin Tae-yong. Sebelumnya pada November lalu, Sandy Walsh dan Jordi Amat juga sudah mengambil sumpah.

Jordi bahkan sudah memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 lalu. Sementara itu, Sandy belum bisa tampil lantaran tidak mendapat izin klub.

Shayne adalah pemain yang berposisi sebagai bek kiri. Ia tercatat bermain untuk tim di liga utama Norwegia dan bisa berperan di beberapa posisi lain.

Pemain yang berusia 24 tahun ini mulai berlatih sepak bola bersama tim kota kelahirannya, Lelystad 67. Ia lalu pindah ke akademi muda Ajax Amsterdam pada 2007.

Dari ibu kota Belanda, dia pindah ke Utrecht pada 2010. Di sana ia tercatat tampil untuk tim kelompok umur U17, U19, hingga U21. Adapun saat ini ia memperkuat Viking FK.