Timnas Indonesia U-20 Tumbang dari Al-Adalah FC, Shin Tae-yong Beberkan 3 Hal yang Harus Diperbaiki
Timnas Indonesia U-20. (foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong menyebut anak asuhnya masih punya sejumlah kekurangan yang harus diperbaiki menyusul kekalahan dari Al-Adalah di laga uji coba terakhir di Turki.

Garuda Nusantara menjalani uji coba kontra klub Liga Arab Saudi itu pada Minggu, 13 November di Stadion Emirhan Side. Dalam laga itu, tim asuhan Shin Tae-yong tumbang 0-2 tim Liga 1 Arab Saudi itu. 

Sang pelatih kemudian menilai beberapa hal yang harus dievaluasi dan diperbaiki. "Pertama adalah soal operan, lalu serangan balik dan mencari ruang," ujar Shin Tae-yong soal kekurangan timnya dikutip dari Antara pada Senin, 14 November. 

Menurut pelatih asal Korea Selatan itu, anak asuhnya kerap keliru dalam mengambil keputusan soal kapan harus melepaskan umpan ke rekan.

Selain itu, Garuda Nusantara itu lambat saat membangun serangan balik. Shin juga menilai, Timnas U-20 masih belum memahami sepenuhnya soal penciptaan ruang di tengah permainan.

"Ketika mendapatkan bola dari lawan, 'counter attack' harus dilakukan dengan cepat," tutur Shin.

"Jika menemukan ruang kosong, pemain mesti datang untuk mengisinya dan menunggu operan ke sana," lanjut sang pelatih. 

Agenda uji coba melawan Al-Adalah ini merupakan agenda terakhir timnas U-20 selama menjalani pemusatan latihan (TC) di Turki sejak 16 Oktober lalu. Setelah agenda itu, Garuda Nusantara langsung berangkat ke Spanyol pada Senin, 14 November untuk melanjutkan TC sekaligus mengikuti beberapa pertandingan uji coba lainnya.

Selama menjalani TC di Turki, timnas U-20 telah melakukan tujuh laga uji coba. Hasilnya tim asuhan Shin Tae-yong menang tiga kali, dua kali seri dan dua kali kalah.

Serangkaian uji coba tersebut dilakukan sebagai persiapan timnas U-20 dalam persiapan menuju Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023.

Piala Asia U-20 2023 akan digelar pada 1-18 Maret 2023 di Uzbekistan, sedangkan Piala Dunia U-20 2023 berlangsung pada 20 Mei-11 Juni 2023 di Indonesia.

Terkait