Jelang Piala Dunia U-20 2023: Batal ke Belanda, Timnas Indonesia Cukup Menempa Diri di Korea Selatan
Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri. (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-20 bakal kembali melanjutkan agenda panjang menjalani pemusatan latihan (TC) selepas kembali dari Uzbekistan. Rencananya, kegiatan lanjutan ini akan digelar di Korea Selatan sebagai persiapan menuju Piala Dunia U-20 2023.

Kabar ini seperti yang disampaikan oleh Direktur Teknik (Dirtek) PSSI, Indra Sjafri. Sebelumnya TC timnas rencananya berlangsungkan di Belanda, tapi berubah.

PSSI kini mengarahkan pemain ke Korea Selatan. Kata Indra Sjafri, permintaan ini seperti yang diutarakan pelatih timnas, Shin Tae-yong.

Namun keputusan itu masih harus dikaji lewat rapat Komite Eksekutif pada Rabu, 8 Maret, malam.

"Saya baru mau meeting nanti malam dengan coach Shin (Tae-yong). Kalau road map awal (timnas U-20), ini terus (berlanjut) dan ada TC," kata Indra Sjafri di kawasan Senayan, Jakarta Pusat pada Rabu, 8 Maret.

“Nanti kalau nggak salah (lokasi TC) pengganti Belanda, yang awalnya Belanda, coach Shin mau ubah ke Korea (Selatan)," ucapnya melanjutkan.

Soal alasan pasti mengapa Shin Tae-yong memilih menggelar TC timnas U-20 di Korea Selatan, Indra Sjafri masih belum bisa memberikan alasan secara spesifik. Namun jika melihat pengalaman sebelumnya, para pemain sudah cukup akrab dengan Negeri Ginseng itu.

"Secara spesifik saya tidak tahu. Tapi di Korea (Selatan) memang bagus untuk peningkatan kondisi fisik dan di sana juga sudah pernah sebulan dan para pemain sudah terbiasa latihan di sana," ucap Indra Sjafri.

Menyoal TC lanjutan pasca agenda Piala Asia 2023 di Uzbekistan, Indra Sjafri mengatakan pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan klub. Hal itu karena durasi pemanggilan pemain ke timnas U-20 akan jadi lebih lama.

"Waktu kami melakukan diskusi dengan Liga 2 dan Liga 1, kan saya ada dua hal: pertama sebagai pelatih U-22 untuk pembentukan SEA Games dan sebagai Dirtek PSSI untuk FIFA Matchday supaya semua pemain dilepas," jelasnya.