Ketum PSSI Erick Thohir Pilih Fokus ke Penyelenggaraan Piala Dunia U-20 Ketimbang Bahas Keikutsertaan Timnas Israel
Ketum PSSI, Erick Thohir. (Foto: Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir ,enggan membahas hal lain terkait keikutsertaan timnas U-20 Israel dalam Piala Dunia U-20 2023 yang bakal diselenggarakan di Indonesia. Menurutnya, dalam kesempatan emas menjadi tuan rumah ini, yang paling utama adalah fokus untuk penyelenggaraan.

"Saya rasa kembali (soal keikutsertaan timnas Israel), kemarin sudah ada rapat. Kalau PSSI fokusnya ke penyelenggaraan, kita fokus di situ aja," kata Erick Thohir seusai acara di kawasan Senayan pada Rabu, 8 Maret.

Momen menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 ini dianggap Erick Thohir bukan waktu yang pas untuk membahas situasi lain di luar sepak bola. Dia mengaku fokus untuk mempersiapkan timnas.

"Kami juga fokus mempersiapkan timnas, urusan politik itu domain-nya bukan di kami, itu jelas domain pemerintah,” lanjutnya.

Pernyataan Erick Thohir soal fokus mempersiapkan Piala Dunia U-20 itu juga didukung Zainudin Amali. Menpora yang juga merangkap sebagai Wakil Ketum PSSI itu setuju hal-hal di luar sepak bola akan ada ranahnya sendiri.

"Sekarang yang menangani (soal keikutsertaan timnas U-20 Israel) adalah Menko Polhukam," kata Zainudin Amali dalam kesempatan yang sama.

"Benar kata pak Ketum PSSI, tugasnya (federasi) menyiapkan timnas dan teknis pertandingan. Nanti pada saatnya, pasti menkopolhukam akan menyampaikan langkah-langkahnya," lanjut Amali.

Piala Dunia U-20 2023 akan digelar di enam kota di Indonesia pada 20 Mei hingga 1 Juni mendatang. Dari total 24 negara yang akan tampil, sejauh ini sudah ada 16 negara yang memastikan diri.

Selain Indonesia dan Israel, negara lain yang sudah dipastikan tampil adalah Republik Dominika, Guatemala, Honduras, Amerika Serikat, Fiji, Brasil, Uruguay, Kolombia, Ekuador, Selandia Baru, Inggris, Prancis, Italia dan Slovakia.