Hasil Piala Asia U-20 Buat Shin Tae-yong Bakal Rombak Kekuatan untuk Piala Dunia U-20
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA – Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, bakal merombak timnya pascakegagalan di Piala Asia U-20 2023. Dia berharap sudah bisa menemukan skuad yang ideal untuk menghadapi Piala Dunia U-20 2023.

Timnas Indonesia U-20 gagal lolos ke perempat final setelah hanya finis di urutan ketiga babak penyisihan Grup A. Skuad Garuda Nusantara mengoleksi empat poin setelah bermain imbang 0-0 pada pertandingan terakhir Grup A melawan tim tuan rumah Uzbekistan di Stadion Istiqlol, Fergana, Selasa, 7 Maret malam WIB.

"Rencana ke depan kami akan memberi waktu istirahat bagi tim. Lalu setelahnya kami akan melakukan sejumlah perubahan di skuad," ujar juru taktik asal Korea Selatan itu, dikutip Antara.

Hasil imbang melawan Uzbekistan belum cukup untuk membawa Indonesia lolos ke perempat final Piala Asia U-20. Indonesia U-20 hanya menduduki posisi ketiga klasemen akhir Grup A dengan empat poin.

Koleksi poin itu sebenarnya sama dengan Irak yang pada pertandingan terakhir bermain imbang 1-1 dengan Suriah. Namun, Irak yang berhak menjadi runner up grup menemani tuan rumah ke perempat final karena unggul selisih gol.

Meskipun gagal mencapai babak delapan besar, Shin mengapresiasi kerja pemain belakangnya. Bisa menjaga clean sheet sudah cukup membuktikan adanya peningkatan di sektor pertahanan.

"Jadi para pemain juga layak mendapatkan pujian. Untuk memenangkan pertandingan, seluruh tim harus menjadi satu selama 90 menit," kata Shin.

Shin melanjutkan, Indonesia U-20 dapat memetik pelajaran penting dari laga melawan Uzbekistan, terutama peningkatan fisik untuk menghadapi negara-negara dengan mayoritas pemain yang memiliki postur tubuh yang lebih tinggi.

"Seperti yang anda lihat, para pemain Uzbekistan secara fisik lebih besar dari para pemain kami, dan kondisi ini cukup menyulitkan para pemain kami. Jadi kondisi fisik adalah kekurangan kami. Karenanya mulai sekarang mereka harus bekerja ekstra untuk meningkatkan kekuatan fisik mereka," kata dia.

Piala Dunia U-20 2023 akan berlangsung di Indonesia mulai dari 20 Mei hingga 11 Juni. Ajang kelompok umur ini nantinya akan berlangsung di enam stadion, yakni I Wayan Dipta (Bali), Gelora Bung Tomo (Surabaya), Gelora Bung Karno (Jakarta), Manahan (Surakarta), Si Jalak Harupat (Bandung), dan Gelora Sriwijaya (Palembang).

Sejauh ini sudah ada 20 negara yang memastikan diri lolos ke putaran final, termasuk Indonesia yang otomatis karena berstatus tuan rumah. Empat tiket tersisa nantinya akan didapat oleh semifinalis Piala Asia U-20 2023.