PSSI Plin-Plan soal Tugas di Timnas, Shin Tae-yong: Walau Capek, Sepak Bola Indonesia Harus Tetap Dibenahi
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - PSSI memutuskan Shin Tae-yong akan tetap memimpin Timnas Indonesia level senior. Itu setelah pelatih asal Korea Selatan tersebut berhasil membawa Skuad Garuda lolos ke Piala Asia 2023.

Sebelum kualifikasi Piala Asia 2023 berlangsung, PSSI memunculkan wacana untuk memfokuskan Shin Tae-yong menangani Timnas Indonesia U-20 yang akan tampil di Piala Dunia 2023 mendatang.

Sementara untuk timnas senior dan timnas U-23 akan ditangani pelatih lain. Alasannya, Shin Tae-yong dinilai kelabakan menangani tiga skuad sekaligus.

Namun, rencana itu berubah. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan, timnas senior akhirnya tetap dipegang Shin Tae-yong.

"Kami sudah mendiskusikan lagi. Jadi timnas senior masih dipegang Shin karena hasil yang luar biasa kemarin," tutur ketum PSSI, seperti dilansir Antara.

Dia menambahkan, timnas U-23 kemungkinan tak ditangani mantan pelatih Korea Selatan itu. Meski demikian, PSSI masih akan mendiskusikannya lebih dulu dengan Shin.

"Kalau misalnya beliau masih mau melatih timnasU-23, silakan," kata pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Shin Tae-yong sendiri mengatakan, akan baik untuknya melatih tim dari usia muda hingga senior. Dengan demikian, lanjutnya, bisa lebih mengembangkan sepak bola Indonesia.

"Walau capek, sepak bola Indonesia tetap harus dibenahi," tuturnya.