Tugas Linesman Adalah Memberi Isyarat dalam Sepak Bola, Begini Penjelasannya
Ilustrasi lapangan sepak bola. (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tahukah Anda bahwa dalam sepak bola, tugas linesman adalah memberikan isyarat yang juga berpengaruh terhadap jalannya pertandingan. Lalu, apa yang dimaksud isyarat tersebut? Simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Linesman

Dalam dunia sepak bola, linesman adalah seseorang yang ditempatkan di luar garis lapangan sepak bola. Secara umum linseman bertugas untuk membantu wasit sepak bola dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan jalannya pertandingan. Sederhananya, linseman adalah pendukung wasit utama dalam sepak bola.

Linesman juga bisa disebut dengan hakim garis atau wasit garis. Posisi linesman dalam sepak bola ada di sisi kanan dan kiri lapangan, di luar garis samping. Saat pertandingan sepak bola berlangsung, linesman sering dijumpai di luar lapangan. Namun bukan berarti ia tidak boleh masuk ke lapangan saat pertandingan berjalan.

Menurut Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) yang didasarkan pada aturan Laws of the Game, linesman dalam kondisi tertentu berhak masuk ke lapangan membantu mengawasi jalannya pertandingan dengan jarak 9,15 meter.

Berbeda dengan hakim utama, linesman tidak membawa kartu kuning maupun merah, namun membawa tongkat bendera yang digunakan untuk memberikan isyarat kepada wasit. Dalam satu pertandingan dibutuhkan dua linesman yang ditempatkan di masing-masing sisi.

Tugas Linesman

Seperti telah dikatakan sebelumnya, ada dua linesman yang ditempatkan di tiap sisi lapangan. Wilayah tugas linesman pertama ada di wilayah pertandingan tim A. Sedangkan linesman kedua akan mengawasi wilayah lapangan tim B.

Meski linesman secara umum adalah menjadi pendukung wasit utama, keputusan yang diberikan oleh linesman mampu mempengaruhi pertandingan. Pertandingan bisa berhenti atau ditunda dengan pertimbangan yang diajukan linesman. Oleh karena itu kedudukan linesman dalam sepak bola yang cukup besar tidak bisa dianggap remeh.

Selama pertandingan berlangsung, tugas linesman adalah sebagai berikut.

  • Linesman memberi isyarat kepada wasit utama ketika mendapati offside
  • Memberi tanda kepada wasit utama saat bola melewati garis gawang
  • Ikut memberikan arahan apakah akah dilakukan tendangan sudut atau tendangan ke gawang
  • Menginformasikan tim mana yang melakukan lemparan bola ke dalam
  • Membantu mengawasi adanya tindakan kasar saat pertandingan berlangsung hingga adanya tindakan tidak sportif saat pertandingan berlangsung
  • Ikut memberikan pertimbangan kepada wasit utama saat terjadi kondisi tertentu
  • Memberi tanda terjadinya pelanggaran

Isyarat Linesman untuk Wasit Utama

Dijelaskan sebelumnya bahwa linesman akan memberikan isyarat kepada wasit utama di beberapa kondisi. Adapun isyarat yang diberikan adalah sebagai berikut.

  1. Lemparan ke Dalam

Dalam kondisi ini, linesman akan berlari menuju titik di mana bola keluar lapangan sambil mengangkat bendera. Arah bendera menentukan tim mana yang berhak melakukan lemparan ke dalam. Bendera diangkat ke kiri, berarti lemparan ke dalam bagi tim yang bertahan dan sebaliknya.

  1. Sepakan Pojok

Linesman akan berlari ke sudut lapangan sambil mengangkat bendera yang ia bawa. Sebagai contoh, saat bola mengenai pemain A, hakim garis akan berlari ke sudut wilayah tim A. Dengan begitu tim B yang melakukan sepakan pojok.

  1. Pergantian Pemain

Hakim garis akan memberi tanda kepada wasit utama saat terjadi pergantian pemain. Tanda yang diberikan berupa mengangkat bendera di atas kepala lalu memiringkannya.

  1. Isyarat Offside

Saat kondisi ini, hakim akan mengangkat bendera dalam posisi tegak lurus di garis terjadinya offside. Tugas ini sangat krusial, sehingga peran aktif linesman sangat diperlukan.

Tugas linesman adalah hal penting. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik liannya.