Tugas Playmaker dalam Sepak Bola Beserta Jenisnya
Ilustrasi playmaker dalam sepak bola. (Foto:Unsplash/@TobiasFlyckt)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Seorang pemain sepak bola yang berperan sebagai playmaker, memiliki tuga berat. Bagaimana tidak, playmaker adalah dalang di balik kesuksesan sebuah tim dalam memenangkan pertandingan.

Seoang playmaker yang handal dapat mengontrol kecepatan permainan, menciptakan peluang, berkontribusi untuk menyerang dan bertahan, serta mengawasi transisi di antara keduanya. Lantas, apa itu playmaker? Apa pula tugas playmaker dalam sepak bola? Berapa jenis playmaker dalam sepak bola? Jawaban dari pertanyaan tersebut dapat disimak pada ulasan berikut ini.

Apa Itu Playmaker dalam Sepak Bola

Menurut Cambridge Dictionary, playmaker adalah seorang pemain yang dapat mengatur dan mengorganisir serangan sebuah tim olahraga. Selain sepak bola, peran ini juga sering ditemui di beberapa olahraga lain, seperti basket dan hoki.

Sementara menurut The Guardian, playmaker merupakan pemain yang dapat menghubungkan lini tengah dan depan untuk membangun serangan.

Dalam sepak bola, pemain yang mendapat peran sebagai playmaker mempunyai karakteristik spesial, karena mempunyai visi yang jelas dalam permainan.

Selain itu, seorang playmaker juga memiliki sebuah karakter bermain untuk menahan dan mendistribusikan bola, mengatur tempo hingga mengkreasikan peluang.

Tugas Playmaker dalam Sepak Bola

Dalam sepak bola, playmaker biasanya berposisi sebagai gelandang serang. Seorang playmaker bertugas mengawali sebuah serangan, mengatur tempo permainan, mencari atau membuat celah bagi penyerang atau target man untuk mencetak gol.

Pesepak bola yang mendapat peran sebagai playmaker, biasanya memiliki skil menyerang yang lengkap dan istimewa, mulai dari dribbling, ball control, passing, hingga kemampuan mengeksekusi bola mati dengan baik.  

Karena perannya sangat krusial, kehadiran playmaker selalu dibutuhkan oleh sebuah tim.

Mereka yang tidak memasang playmaker dalam permainan sepak bola, cenderung kurang efektif di lini serang.

Selain menjadi pengatur serangan, seorang playmaker juga memastikan rekannya memanfaatkan keterampilan individu dengan sebaik-baiknya.

Playmaker punya visi yang hebat, pengumpan yang baik, dan sering mendikte tempo permainan. Keterampilan ini sangat berharga, jadi yang terbaik adalah memanfaatkannya sebaik mungkin.

Jenis-Jenis Playmaker dalam Sepak Bola

Dikutip dari laman soccerknowledgehub, dalam sepak bola, playmaker dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

  1. Trequartista

Trequartista adalah playmaker yang berposisi di tiga perempat lapangan (tempat para motor serangan beroperasi, yakni ¾ daerah lawan).

Seorang treqauartista bermain antara lini tengah dan lini depan, dan penentuan posisi sangat penting.

Pesepak bola yang bermain untuk posisi ini harus mendapatkan bola sesering mungkin untuk menghubungkan permainan dari lini tengah ke serangan.

  1. Advanced playmaker

Advance playmaker dalam sepak bola mirip dengan treaquartista, tetapi mereka lebih ofensif dan cukup aktif di area pertahanan lawan.

Advance playmaker menemukan diri mereka di seluruh lapangan, mencari ruang dan celah untuk dieksploitasi.

  1. Deep-lying playmaker

Beberapa tim lebih memilih untuk membangun serangan dari jauh atau area pertahanan, di mana peran playmaker deep-lying masuk. Playmaker deep-lying sedikit seperti quarterback NFL – mereka ingin meluncurkan serangan dengan menggunakan visi mereka dan ketepatan passing.

Pesepak bola yang berperan sebagai deep-lying playmaker ditugaskan untuk mengatur ritme dan tempo permainan, serta memiliki tanggung jawab dalam membuka ruang permainan untuk bisa mencetak gol.

  1. Fale nine

False nine adalah playmaker yang bertugas untuk mengatur ruang, menciptakan peluang, dan menciptakan gol.

False nine memungkinkan pemain turun ke lini tengah untuk membangun serangan dan menghubungkan permainan.

Sulit untuk bermain melawan false nine, karena bek tidak tahu apakah akan mempertahankan bentuk mereka atau mengikuti lari ke lini tengah.

  1. Libero

Libero merupakan playmaker yang bermain di area bertahan. Peran ini biasanya diberikan kepada pemain belakang alias beck. Dengan demikian, libero juga berarti beck yang diberi kebebasan.