Jumlah Wasit dalam Sepak Bola, Ada yang Tidak Terlihat Perannya
Ilustrasi jumlah wasit dalam sepak bola (Unsplash/Njegos K)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Wasit dalam pertandingan sepak bola tidak hanya berjumlah satu. Jumlah wasit dalam sepak bola ada beberapa dengan tugas yang berbeda-beda. Memang wasit yang paling mencolok atau terlihat hanya satu yang ada di dalam lapangan selama pertandingan sepak bola berlangsung. 

Wasit yang berada di lapangan saat pertandingan adalah wasit utama yang memimpin jalannya sepak bola berlangsung lancar dan adil. Namun dalam tugasnya ia didampingi oleh beberapa wasit lain yang membantu mengawasi insiden-insiden selama pertandingan. 

Jumlah Wasit dalam Pertandingan Sepak Bola

Pertandingan sepak bola profesional mempekerjakan sebanyak 4 official wasit. Wasit secara keseluruhan terdiri dari wasit kepala, asisten wasit berjumlah dua orang, dan wasit cadangan. 

Namun sejak diterapkannya teknologi Video Assitant Referee (VAR), jumlah wasit pun tambah. Kini ada posisi wasit yang bertugas di ruang VAR. Berikut jumlah wasit dalam pertandingan sepak bola.

Wasit Kepala

Wasit kepala adalah wasit utama yang mengawasi dan memimpin jalannnya pertandingan sepak bola. Wasit melaksanakan tugasnya dengan berada di dalam lapangan selama pertandingan berlangsung. 

Peran wasit kepala paling disoroti daripada wasit yang lain karena menjadi pihak yang membuat keputusan pada insiden-insiden yang terjadi selama pertandingan. Wasit kepala memiliki tanggung jawab yang besar untuk mengkondisikan permainan sepak bola berjalan lancar, terkendali, dan adil. 

Berikut tugas-tugas wasit kepala selama pertandingan sepak bola. 

  • Memberikan sanksi kartu kuning dan merah ketika terjadi pelanggaran yang dilakukan pemain.
  • Menilai dan memutuskan terjadinya pelanggaran, seperti handball, pinalti, kekerasan dan pelecehan yang dilakukan oleh pemain. 
  • Memulai jalannya pertandingan, dan menghentikannya apabila terjadi kondisi-kondisi yang menghambat pertandingan, seperti cuaca buruk dan keributan.

Asisten Wasit

Posisi asisten wasit dalam pertandingan sepak bola tidak terlihat dibanding wasit kepala. Asisten wasit bertugas membantu wasit kepala dalam mengawasi pertandingan. Asisten wasit berjumlah dua orang dan posisinya berada di kedua sisi lapangan. 

Asisten wasit disebut juga sebagai mata tambahan bagi wasit kepala. Asisten wasit bmemiliki peran ganda, sebagai pengawas garis pinggir lapangan untuk lemparan ke dalam dan berada di garis pinggir gawang atau offside. 

Asisten wasit lebih populer dengan sebutan hakim garis. Keputusan yang diambil oleh hakim garis akan menjadi bahan pertimbangan wasit kepala. Namun keputusan final tetap di tangan wasit kepala. Berikut tugas-tugas hakim garis. 

  • Menunjukkan terjadinya offside dari pemain dengan cara mengangkat bendera.
  • Memberikan tanda jika bola telah keluar atau melewati garis lapangan permainan, bisa untuk lemparan ke dalam, tendangan sudut, dan tendangan gawang.
  • Menentukan apakah penjaga gawang keluar dari garis gawang sebelum melakukan tendangan penalti

Wasit Cadangan 

Posisi wasit cadangan lebih tidak dikenali dibanding dua wasit di atas. Wasti cadangan berperan sebagai wasit pengganti jika wasit utama tidak bisa melanjutkan tugasnya. Wasit ini berada di pinggir lapangan di antara pos kedua manajer tim bola atau ruang istirahat.

Wasit cadangan juga bertugas memegang nomor pergantian pemain. Selain itu, wasit ini juga membantu memantau atau mengawasi jalannya pertandingan dari pinggir lapangan. Wasit ini juga punya tugas untuk menengahi insiden yang terjadi antara offisial tim dan pemain di bangku istirahat. Berikut beberapa tugas wasit cadangan. 

  • Mengawasi pergantian pemain dan mengajukan permintaan ganti pemain kepada wasit kepala saat posisi bola meninggalkan lapangan.
  • Memeriksa peralatan masing-masing pemain pengganti.
  • Menunjukkan waktu tambahan di akhir setiap babak.

Wasit VAR

Wasit VAR merupakan posisi baru atau tambahan wasit sejak diterapkannya teknologi VAR. Teknologi VAR merupakan alat rekam untuk membantu wasit dalam mengambil keputusan ketika terjadi sebuah insiden. Alat ini membantu pengabilan keputusan wasit dilakukan secara lebih tepat dan adil. 

Wasit VAR berada di ruang khusus VAR. Wasit ini bertugas memantau operasio video VAR dan mengkomunikasikannya kepada wasit kepala dalam setiap insiden yang perlu peninjauan lebih dalam. 

Wasit VAR membantu wasit mengambil keputusan lewat pemeriksaan tayang video VAR dari berbagai angle. Biasanya peninjauan VAR diperlukan untuk insiden-insiden seperti offside, pelanggaran, keraguan gol, dan sebagainya. 

Itulah jumlah wasit dalam sepak bola beserta tugasnya masing-masing. Sepintas memang hanya wasit utama atau wasit kepala yang paling terlihat kehadiran dan perannya. Namun dalam menjalankan tugas mengawasi dan memimpin pertandingan, wasit kepala dibantu oleh wasit-wasit lainnya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.