Mengenal Tugas Pemain Gelandang dalam Sepak Bola Beserta Jenisnya
Ilustrasi pemain gelandang (Foto: Instagram/@leon_goretzka)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sepak bola merupakan permainan bola besar yang dimainkan oleh dua tim secara berlawan. Terdapat empat posisi dasar pemain dalam permainan sepak bola, yakni penjaga gawang atau kipper, pemain belakang atau bek, pemain tengah atau gelaandang dan pemain depan atau penyerang. Nah, dalam artikel kali ini, VOI secara khusus akan membahas tugas pemain gelandang dalam sepak bola.

Tugas Pemain Gelandang dalam Sepak Bola

Dirangkum dari berbagai sumber, dalam sepak bola, gelandang atau pemain tengah (midfielder) merupakan pemain yang berada di lini tengah. Pemain yang berposisi sebagai gelandang, berada di antara striker (pemain penyerang) dan defender (pemain belakang).

Tugas utama pemain gelandang adalah sebagai penghubung antara lini belakang dan lini depan.

Seorang pemain gelandang dituntut untuk menjadi kreator dalam sebuah serangan. Di sisi lain, seorang gelandang juga harus membantu lini belakang (defender) ketika pemain lawan mencoba memasuki area pertahanan.

Secara lebih rinci, tugas yang diemban oleh pemain tengah, antara lain:

  • Menerima bola yang ditujukan ke depan
  • Bertahan atau melakukan tekel terhadap pemain lawan
  • Mencetak atau membantu menciptakan sebuah gol

Tugas Pemain Gelandang Berdasarkan Jenisnya

Perlu diketahui, terdapat empat jenis pemain gelandang, yaitu gelandang bertahan (defensive midfielder), gelandang tengah (central midfielder), gelandang serang (attacking midfielder), dan gelandang sayap (left/right midfielder).

Berikut penjelasan tentang keempat jenis pemain gelandang tersebut:

  1. Gelandang bertahan

Gelandang bertahan adalah pemain yang berposisi di depan pemain belakang atau berada di depan garis pertahanan.

Pemain yang berposisi sebagai defensive midfielder ditugaskan untuk mencegah bola mencapai garis pertahanan dengan cara menahan laju bola di lapangan tengah maupun menjaga pemain lawan sehingga lawan tidak leluasa menyerang.

  1. Gelandang tengah

Gelandang tengah adalah pemain yang ditugaskan sebagai pengatur tempo permainan.

Pemain yang mengemban tugas sebagai gelandang tengah adalah seorang pekerja keras dan terampil dalam bertahan dan menyerang.

Tak cukup sampai disitu, seorang gelandang tengah juga harus bisa melakukan transisi bertahan ke kotak penalti sendiri (box) untuk melakukan tekel, intersepsi, atau memblok tembakan lawan kemudian membangun serangan, membawa bola ke kotak penalti lawan (box) untuk menciptakan peluang atau bahkan mencetak gol

  1. Gelandang serang

Gelandang serang adalah pemain yang ditugaskan untuk membantu penyerangan. Oleh sebab itu, pemain yang berposisi sebagai gelandang serang harus pintar menciptakan peluang untuk striker.

  1. Gelandang sayap

Gelandang sayap adalah pemain tengah yang memerankan peran di sisi lapangan. Seorang gelandang sayap ditugaskan sebagai kreator serangan dari sisi sayap dengan cara menyisiri sisi lapangan dan memberi umpan silang pada penyerang.

Pemain di posisi ini harus memiliki kemampuan yang baik dalam mengirimkan umpan lambung menyilang atau crossing.

Demikian informasi tentang tugas pemain gelandang dalam sepak bola. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.