Apa Itu "Second Striker"? Ketahui Pengertian dan Tugas Penyerang Bayangan dalam Permainan Sepak Bola
Ilustrasi pemain yang berposisi sebagai second striker. (Wikimedia Commons).

Bagikan:

YOGYAKARTA – Ketika menonton sepak bola, pernahkah Anda melihat pemain yang bergerak acak tanpa bola? Dalam permainan sepak bola, pemain tersebut disebut second striker. Lantas, apa itu second striker?

Perlu diketahui, posisi second striker merupakan salah satu hasil pengembangan dari posisi penyerang. Second striker kerap jadi pusat dari skema permainan sebuah tim.

Kendati sama-sama bertugas merusak jantung pertahanan lawan, striker dan second striker adalah dua posisi yang berbeda. Seorang striker kerap berada di area kotak penalti lawan. Sedangkan second striker posisinya lebih mundur sedikit atau di antara striker dan gelandang serang.

Berikut penjelasan mengenai posisi second striker beserta tugas yang diembannya.  

Apa Itu Second Striker

Second striker adalah penyerang yang berdiri di belakang penyerang murni. Dalam sepak bola, second striker juga disebut sebagai penyerang bayangan.

Jika striker ditugaskan sebagai ‘Target Man’ atau lebih dekat ke gawang, maka Secon Striker adalah pemain yang beraada di belakangnya.

Biasanya, striker lebih condong sebagai Target Man atau lebih dekat ke gawang, sedangkan second striker berada di belakangnya.

Beda Second Striker dengan Striker

Banyak orang yang masih belum mengetahui perbedaan striker dan second striker, terlebih keduanya sama-sama memiliki arti penyerang.

Padahal, jika dicermati lebih dalam, posisi striker dan second Striker sangatlah berbeda. Striker punya posisi paling dekat dengan gawang lawan karena memang berfokus permainan pada area kotak penalti.

Sedangkan, pemain yang ditugasi sebagai second striker, posisinya lebih mundur sedikit. Second striker memiliki posisi asli gelandang serang, mengingat tugasnya hampir mirip.

Tugas Second Striker

Second striker memiliki peran yang sangat variatif, mulai dari playmaker, pencetak gol, dan lainya. Mereka yang memegang posisi second striker haruslah memiliki kemampuan bola tingkat tinggi, umpan akurat, gocekan prima, hingga tembakan terarah.

Second striker juga bertanggung jawab mengatur peluang agar striker bisa melepaskan tembakan terarah ke gawang lawan. Selain itu, second striker harus bisa melindungi bola dan dapat menahan sembari menunggu pemain lain atau striker menyambut bola. Artinya, second striker lebih banyak berperan sebagai pemberi assist pada striker murni.

Second striker biasanya diberi tugas untuk mengacaukan pertahanan lawan dengan banyak bergerak tanpa bola. Tujuannya adalah membuat penyerang tengah memiliki peluang agar bisa mencetak gol.

Tugas lain dari seorang second striker adalah menjadi tumpuan ketika penyerang utama mengalami kesulitan.

3 Second Striker Terbaik Dunia

Setidaknya, ada tiga pemain sepak bola yang disebut sebagai second striker terbaik dunia. Siapa saja mereka? Dihimpun VOI dari berbagai sumber, berikut informasi lengkapnya:

  1. Pele

Siapa yang tidak kenal Pele. Legenda sepa kbola yang berasal dari Brasil itu mencataatkan 1.281 gol dari 1.361 penampilannya di Timnas Brasil dan klubnya, Santos.

Berkat penampilannya yang impresif, Pele berhasil mempersembahkan tiga mahkota Piala Dunia untuk Brasil, yakni Piala Dunia 1958, Piala Dunia 1962, dan Piala Dunia 1970. 

  1. Diego Maradona

Diego Maradona adalah pemain terbaik sepanjang masa Argentina. Berkat Kepiawaiannya dalam menggiring bola, Argentina mampu menjuarai Piala Dunia pada 1986. Kala itu, Maradona juga dibelit kontroversi. Golnya ke gawang Inggris dicetak dengan menggunakan tangan.

  1. Lionel Messi

Sama dengan Maradona, Lionel Messi juga seorang pesepak bola yang berasal dari Argentina.

Bisa dibilang, Messi adalah pemain yang komplit. Pasalnya, eks pemain Barcelona yang kini membela PSG itu mempunyai gocekan yang indah, akurat saat mengumpan bola dan sangat mematikan ketika berada di jantung pertahanan lawan. Oleh sebab itu, tak heran jika Messi kerap ditempatkan sebagai seorang second striker.

Messi telah membukukan 34 gelar bersama Barcelona, empat di antaranya adalah titel Liga Champions.

Demikianlah informaasi mengenai apa itu second striker beserta tugasnya dalam permainan sepakbola. Second striker memiliki peran yang sangat variatif, mulai dari playmaker, pencetak gol, dan lainya.