Profil Daniel Sturridge Mantan Pemain Top Inggris, Kini Diincar Tiga Klub Indonesia
Daniel Sturridge (Instagram/@danielsturridge)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Eks striker Liverpool Daniel Sturridge dirumorkan tengah didekati oleh tiga klub Indonesia, yaitu Persebaya, Persija, dan Dewa United. Mantan penyerang timnas Inggris tersebut memang tidak memiliki klub sejak hengkang dari Perth Glory klub Australia pada Juli 2022 silam. Lantas seperti apa profil Daniel Sturridge yang tengah diincar oleh klub liga Indonesia. 

Rumor Daniel Sturridge dilirik oleh klub liga Indonesia dikabarkan oleh media asing Footbalinsider247 pada Rabu (5/4). Saat ini Sturridge lebih kerap muncul sebagai pandit sepak bola. Meski sedang tidak membela klub manapun, pemain berusia 33 tahun tersebut belum menyatakan ingin gantung sepatu. 

Dalam bursa transfer pemain Liga Indonesia, ketiga klub dalam negeri tertarik memboyong Daniel Sturridge dengan status bebas transfer. Hal ini tentu saja menjadi kabar baik bagi penggemar sepak bola Indonesia. Kehadiran Sturridge diharapkan mampu memotivasi dan membuat kompetisi bola tanah air menjadi semakin maju. 

Profil Daniel Sturridge

Nama Daniel Sturridge memang sudah tidak asing lagi di kalangan pecinta sepak bola, khususnya penggemar Liga Inggris (Premier League). Sturridge pernah menjadi striker andalan klub-klub raksasa di Inggris, yaitu Manchester City, Chelsea, dan Liverpool.

Daniel Sturridge lahir di Birmingham, Inggris, pada 1 September 1989. Pria bernama lengkap Daniel Andre Sturridge ini telah memulai karier profesional di dunia sepak bola sejak masih usia muda. Sturridge bermain untuk posisi striker dan second striker. 

Daniel Sturridge dipercaya untuk menjadi penyerang lantaran memiliki kecepatan dan agresivitas tinggi dalam mencetak gol. Pria dengan tinggi 183 cm ini juga bisa mengolah bola dalam kondisi apapun, baik dari umpan lambung, umpan datar, ribbon, dan tendangan jarak jauh. 

Perjalanan Karier Daniel Sturridge

Daniel Sturridge memiliki pengalaman panjang di dunia sepak bola profesional. Sturridge sudah tampil dalam ajang turnamen Youth Cup 2006 sejak usia 16 tahun. Dalam kompetisi tersebut, Sturridge berhasil menjebloskan 4 gol dan membawa Manchester City melangkah ke partai final. 

Setahun kemudian, Daniel Sturridge menandatangani kontrak profesional pertamanya bersama Manchester City. Pada awal musim 2006-2007, Sturridge masih duduk di bangku cadangan. Ia baru dimainkan untuk pertama kali pada Februari 2007, saat melawan Reading. Namun ia jarang diberi kesempatan untuk bermain di tim inti, sehingga Sturridge kemudian bermain untuk tim muda di FA Youth Cup. 

Sturridge mampu menunjukkan penampilan gemilang seiring berjalannya waktu. Ia menjadi satu-satunya pemain yang mampu mengoleksi gol di 3 kompetisi sekaligus, yaitu FA Youth Cup, the FA Cup, dan Premier League. Pada akhir musim, Sturridge mendapat penghargan sebagai Young Player of the Season di Manchester City oleh Citizen. 

Saat kontraknya dengan M.City berakhir, Sturridge kemudian berlabuh ke Chelsea pada Juli 2009. Dalam laga debutnya bersama The Blues, Sturridge berhasil menyarangkan gol di menit 12 dalam laga melawan Seattle Sounders. Pada tahun yang sama, Sturridge sukses mencetak hattrick saat melawan Ipswich Town.  

Pada akhir Januari 2011, Sturridge tampil membela Bolton Wanderes dengan status pemain pinjaman hingga akhir musim. Sturridge terus menunjukkan penampilan terbaiknya saat memperkuat Chelsea. Ia mampu membuat daya gedor menjadi semakin ganas dan produktif. 

Pada awal 2013, Sturridge putus kontrak dari Chelsea dan memilih bergabung dengan Liverpool. Di klub berjuluk The Reds, Sturridge mampu menunjukkan performa yang maksimal dan berkontribusi banyak terhadap kemajuan klub di liga. 

Selain menjadi incaran banyak klub, Sturridge juga sangat diandalkan untuk mengisi skuad tmnas Inggris. Dalam membela negaranya, Sturridge pernah tampil bersama tim nasional muda U-16, U-17, U-18, U-19, U-20 dan U-21. Ia mendapat panggilan bergabung bersama timnas senior sejak November 2011. 

Demikianlah profil Daniel Sturridge dan perjalanan kariernya di dunia sepak bola. Sturridge pernah menjadi pemain top Liga Inggris pada masanya. Ia mampu membawa mantan klubnya, yaitu Chelsea dan Liverpool merebut gelar juara Liga Champions Eropa. Usai hengkang dari Liverpool, Sturridge semapt gonta-ganti klub, mulai dari West Bromwich Albion, klub Turki Trabzonspor, dan klub Australia Perth Glory.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.