Bagikan:

JAKARTA - Liverpool bakal melepas kiper Alisson Becker yang dibidik klub Arab Saudi. Penggantinya? Liverpool membidik kiper Georgia Giorgi Mamardashvili yang melejit di Euro 2024. Hanya, Liverpool bersaing dengan Newcastle United yang juga tertarik mendatangkan Mamardashvili.

Tawaran menggiurkan dari klub Arab Saudi menjadikan Liverpool siap melepas Alisson yang sudah bermain untuk The Reds sejak 2018. Liverpool pun segera mengincar Mamardashvili, kiper Valencia yang saat ini membela Georgia di Euro 2024.

Namun Liverpool harus bergerak cepat karena Newcastle, pesaing di Premier League Inggris, juga tertarik memboyong kiper berusia 23 ini. Bahkan The Magpies sudah mengajukan tawaran 25 juta euro kepada Valencia.

Harga penawaran dari Newcastle langsung ditolak Valencia. Klub La Liga Spanyol itu berharap mendapat penawaran lebih tinggi saat memasuki bursa transfer pemain. Pasalnya, Chelsea dan Tottenham juga menunjukkan ketertarikan merekrut Mamardashvili.

Keberhasilan Georgia melangkah ke 16 besar Euro 2024 menjadikan pemain asuhan Willy Sagnol soroton klub-klub top Eropa.

Apalagi, The Crusaders membuat kejutan mengalahkan Portugal 2-0 pada laga terakhir penyisihan grup. Kemenangan yang membawa Georgia ke fase gugur.

Striker Georges Mikautadze yang sudah mengemas tiga gol kini menjadi top skor Euro 2024. Penyerang kub Ligue 2 Perancis Metz ini juga menjadi incaran sejumlah klub. Mikautadze tidak hanya dibidik West Ham United tetapi juga Monaco dan Lens.

Demikian pula Mamardashvili yang baru kebobolan dua kali di Piala Eropa. Dirinya merupakan kiper yang paling banyak melakukan penyelamatan.

Tidak kurang dia tercatat melakukan 21 penyelamatan gemilang. Mamardashvili mengungguli kiper Albania Thomas Strakosha yang tercatat 13 kali melakukan penyelamatan.

Penyelamatan terbaik paling akhir dilakukan Mamardashvili saat menghadapi Portugal. Dia menggagalkan peluang emas Diogo Dalot di babak kedua. Performa gemilang Mamardashvili menjadikan dirinya diincar sejumlah klub top.

Mamardashvili bakal kembali unjuk kemampuan menghadapi lawan kuat Spanyol di babak 16 besar, Senin, 1 Juli 2024 dini hari WIB. Dirinya bakal bertemu seterunya di La Liga Spanyol.