Bagikan:

JAKARTA - Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, merespon isu soal Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyodorkan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep ke partai-partai politik untuk diusung dalam Pilkada Jakarta 2024. Menurutnya, hal itu layaknya replikasi pada proses Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Kami mendengar dari pers, kami mendengar dari tokoh-tokoh partai, adanya upaya untuk melakukan suatu replikasi atas apa yang terjadi di dalam Pemilu Presiden 2024," ujar Hasto kepada wartawan, Sabtu, 29 Juni.

Hasto menegaskan PDIP merupakan partai politik yang dibangun dengan konsepsi ketahanan yang menyatu dengan rakyat. Bahkan, disebut juga PDIP tumbuh dari ujian sejarah.

"Tetapi partai ini dibangun dengan suatu konsepsi ketahanan yang menyatu dengan rakyat karena aspek ideologi, kepemimpinan, kelembagaan dan kebetulan disertasi saya juga berkaitan dengan hal tersebut, tentang kepemimpinan strategis, ideologi kelembagaan partai dan relevansinya terhadap ketahanan partai," ucap Hasto.

"Sehingga PDI Perjuangan ini partai yang tumbuh besar dari ujian-ujuan sejarah menghadapi berbagai gelombang-gelombang ujian. Dan kami menyatu dengan rakyat," sambungnya.

Sebelumnya, Sekjen PKS, Aboe Bakar Al Habsyi, mengatakan Presiden Jokowi telah menyodorkan nama putra bungsunya, Kaesang Pangarep untuk didukung maju Pilgub Jakarta 2024.

Hal ini disampaikan Aboe saat ditanyai soal Kaesang yang mungkin disodorkan Jokowi untuk menjadi wakil gubernur Ridwan Kamil (RK) untuk Pilkada Jakarta 2024 yang senter bakal diusung partai-partai Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Sudah-sudah, sudah menyodorkan (nama Kaesang). Kita lihat saja," kata Aboe.

Menurut Aboe, cawe-cawe Jokowi dalam kontestasi politik sudah biasa terjadi. Misalnya, kata Aboe cawe-cawe Jokowi di pemilihan presiden (Pilpres) 2024 lalu. "Kan sudah biasa cawe-cawe mulai dari presiden sampai nanti, bisa. Jadi tidak ada masalah, biar saja," ungkap Aboe.

Meski begitu, Aboe tidak menjawab lebih jauh dan rinci soal kepada siapa Jokowi telah menyodorkan nama Kaesang untuk Pilkada Jakarta 2024. "Ke mana-mana," kata Aboe.