Bagikan:

JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan Ketua DPP PDIP Puan Maharani adalah sosok yang merangkul untuk menunjukkan persatuan.

Hal ini disampaikannya saat disinggung soal pernyataan Puan Maharani mempertimbangkan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep di Pilgub Jawa Tengah (Jateng). Menurut Hasto, Puan wajar menunjukkan sikap tersebut karena dia juga Ketua DPR RI selain menjadi elite partai.

"Ya Mbak Puan kan tentu saja sebagai sosok yang merangkul, sosok yang memimpin seluruh fraksi dan anggota DPR RI, ya tentu saja memiliki suatu sikap yang membangun persatuan," kata Hasto kepada wartawan di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, dikutip Sabtu, 6 Juli.

Meski begitu, Hasto menyebut pernyataan Puan tak begitu saja menjadi keputusan partai. Katanya, semuanya akan diserahkan kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Di partai, seluruh elemen-elemen, DPP memberikan masukan-masukan dan kemudian akan diolah dan akhirnya ibu Ketua Umum yang nantinya akan mengambil keputusan," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani mengklaim partainya mempertimbangkan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah (Jateng) 2024. Hal itu merespons hasil survei elektabilitas anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang melejit.

"Iya dong, jadi salah satu pertimbangan juga," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 2 Juli.

Ketua DPR itu juga tak mempermasalahkan elektabilitas Kaesang lebih unggul daripada Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul. Adapun Bambang Pacul digadang-gadang bakal dimajukan pada Pilkada Jateng 2024.

"Enggak apa-apa (elektabilitas Kaesang ungguli Bambang Pacul, red). Bagus Kaesang," ucap Puan.