Apa Saja Tugas Kapten Sepak Bola? Ini Jawabannya
Ilustrasi kapten sepak bola (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tugas kapten sepak bola di sebuah tim ternyata tidak bisa dianggap remeh. Penunjukkan sendiri dilakukan sesuai dengan kesepakatan tim dan pihak yang terkait dengan klub. Setelah terpilih, kapten akan menggunakan ban kapten di lengan atas.

Penggunaan ban kapten dalam sepak bola juga tercantum dalam aturan FIFA. Ban kapten biasnaya memiliki warna yang mencolok agar lebih mudah dilihat oleh wasit maupun pelatih dari pinggir lapangan.

Tugas Kapten Sepak Bola

Pemilihan kapten dalam tim sepak bola tidak hanya didasarkan pada kualitas permainan saja, namun kecakapannya dalam berkomunikasi. Beberapa pemain hebat seperti Carles Puyol, Paolo Maldini, John Terry, hingga Bambang Pamungkas yang sempat menjadi kapten tim sekaligus merepresentasikan timnya. Secara umum, berikut tugas seorang kapten sepak bola.

  1. Pemimpin Tim

Tugas kapten sepak bola salah satunya adalah memimpin timnya, baik dalam sesi pertandingan laga maupun saat latihan, baik di lapangan maupun di kamar ganti. Pemain lain harus menghormati keputusan kaptennya dalam berbagai situasi.

  1. Perwakilan Tim

Wasit akan memanggil kapten klub sebagai perwakilan tim sebelum pertandingan dimulai. Kapten memiliki tanggung jawab untuk bertemu dengan wasit dan kapten dari tim lawan di tengah lapangan untuk memberikan susunan pemain atau ikut menentukan siapa penendang pertama dalam pertandingan.

Selain itu, kapten tim harus hadir mewakili timnya saat muncul perdebatan ketika ada keputusan yang dinilai kontoversial.

  1. Jembatan Antara Pelatih dan Pemain di Lapangan

Pelatih biasanya mengeluarkan instruksi kepada para pemain ketika laga berlangsung. Di sinilah tugas kapten untuk menjadi penyambung lidah dengan menyampaikan instruksi pelatih kepada pemain lain. Instruksi pelatih kepada tim biasanya berkaitan dengan taktik permainan untuk meraih kemenangan, sehingga kapten harus bisa mengerti keinginan pelatih.

Kapten juga akan menjelaskan kepada pelatih apa saja kendala yang dihadapinya di lapangan sehingga pelatih bisa memberikan instruksi tertentu untuk mengatasi masalah timnya.

  1. Menenangkan Tim saat Terjadi Keributan

Keributan dalam sepak bola kerap terjadi, apalagi saat wasit dinilai memberikan keputusan yang kurang tepat. Saat terjadi gelombang protes dari para tim, kapten harus sigap menenangkan anggota tim agar tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

  1. Sebagai Representasi Tim

Kapten dalam sepak bola menjadi representasi timnya sehingga tak jarang mendapat sorotan dari media maupun penggemar. Kapten harus menjunjung tinggi nilai, visi, dan misi yang sebelumnya sudah ditentukan pihak manajemen. Kapten tim juga harus bisa jadi contoh bagi pemain lain, sehingga harus hati-hati saat bertindak karena akan jadi citra tim secara keseluruhan.

  1. Sebagai Teladan Pemain Lain

Kapten sepak bola juga harus bisa menjadi contoh yang baik bagi pemain lainnya, terutama dalam menjunjung tinggi fair play dalam sepak bola. Kapten juga harus bisa memotivasi anggota timnya agar muncul semangat dalam bermain.

  1. Menyampaikan Protes Tim kepada Wasit Maupun Pelatih

Dalam pertandingan sepak bola, tim bisa menyampaikan protes atau hal-hal yang menurut mereka harus diatasi kepada pelatih atau kepada wasit. Tim akan menyampaikannya melalui kapten lebih dahulu, baru kemudian disampaikan kepada yang bersangkutan. Oleh karena itu kapten sepak bola harus memiliki kecakapan dalam komunikasi dan kebijaksanaan dalam bersikap.

Itulah beberapa tugas kapten sepak bola. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.