Torehan Ciamik yang Dibuat MU Setelah Sukses Mendepak Barcelona dari Liga Europa
Manchester United. (Foto: Twitter @ManUtd)

Bagikan:

JAKARTA - Manchester United (MU) berhasil menunjukkan dominasi dengan mengalahkan Barcelona di babak play off Liga Europa. Kemenangan atas raksasa Catalan itu juga menorehkan beberapa catatan penting untuk Setan Merah.

Tampil di Stadion Old Trafford pada Jumat, 24 Februari dini hari WIB, MU selaku tuan rumah sempat tertinggal lebih dulu. Tapi di akhir laga, MU menang 2-1 atas Los Blancos.

Dua gol yang jadi penentu kemenangan MU tak lepas dari kontribusi Fres dan Anthony. Di awal babak kedua, Fred mampu membawa Setan Merah menyamakan kedudukan, kemudian Anthony menjadi penentu kemenangan pada menit ke-73.

Kemenangan ini mencatatkan beberapa poin penting untuk pasukan Erik ten Ha, seperti yang dikutip dari Opta dan Squawka.

Kesuksesan MU di musim ini tak lepas dari kontribusi para pemain cadangan. Sedikitnya sudah ada 19 gol yang dicetak oleh pemain pengganti di semua kompetisi musim ini, termasuk gol Anthony di laga ini.

Catatan itu yang terbanyak di antara klub-klub pada lima liga besar Eropa. Gol Antony menjadi yang terbaru usai menjadi penentu kemenangan MU atas Barca dengan skor 2-1.

MU juga mampu mengakhiri catatan apik Barca, di mana dalam 37 pertandingan yang dimulai Blaugrana dengan keunggulan babak pertama selalu berbuah kemenangan. Klub terakhir yang mengalahkan Barcelona dari kedudukan unggul pada paruh pertama laga adalah Granada pada April 2021.

Setan Merah menorehkan capaian tak terkalahkan dalam 18 pertandingan kandang terakhir di semua ajang musim ini. Sebelumnya, MU menelan dua kekalahan dalam empat pertandingan awal di Old Trafford.

Selain itu, ini merupakan kemenangan pertama MU atas Barcelona di kancah Eropa dalam 15 tahun terakhir! Setan Merah terakhir kali menang pada musim 2007/2008 pada babak semifinal Liga Champions dengan skor 1-0, demikian yang dilansir situs resmi UEFA.

Catatan apik juga tercipta untuk Antony. Dia sudah membukukan gol pada empat kompetisi yang diikuti MU musim ini. Secara keseluruhan, Anthony sudah mencetak enam gol untuk MU.

Rinciannya adalah tiga gol di Liga Inggris, satu gol di Liga Europa, satu gol di Piala FA, dan satu gol di Piala Liga Inggris.