Publik Harus Ubah <i>Mindset</i> Usai Manchester City Gagal Menang dari RB Leipzig, Pep Guardiola: Bukan Itu Kenyataannya
Manajer Manchester City, Pep Guardiola. (Foto: Twitter @ManCity)

Bagikan:

JAKARTA - Manchester City tak bisa berbuat banyak saat bertandang ke markas RB Leipzig dalam pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Kamis, 23 Februari, dini hari WIB. Kedua tim hanya bermain imbang 1-1 di Red Bull Arena, Leipzig.

Manchester City sebenarnya langsung mendominasi penguasaan bola, tetapi mereka baru gagal memanfaatkan sejumlah peluang yang ada.

City baru berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-27. Riyad Mahrez yang menerima bola dari Ilkay Gundogan, membobol gawang Leipzig dengan tendangan kaki kirinya.

The Citizens gagal mempertahankan keunggulan itu. Suporter tuan rumah akhirnya bersorak setelah Leipzig menyamakan kedudukan pada menit ke-70.

Bermula dari sepak pojok Marcel Halstenberg ke depan gawang, Josip Gvardiol melompat dan menanduk bola masuk ke gawang Ederson untuk mengubah skor menjadi 1-1.

Hasil imbang ini terasa tak adil bagi City. Pasalnya, klub Premier League Inggris itu begitu mendominasi penguasaan bola, yakni sekitar 63 persen.

Pendukung City pun merasa sangat kecewa. Namun, manajer Pep Guardiola, meminta publik untuk bisa menerimanya.

"Orang-orang berharap kami akan menang 5-0, bukan itu kenyataannya. Ini sudah melewati babak penyisihan grup dalam kompetisi yang sangat kompetitif dan banyak tim kuat lainnya," ujar Guardiola kepada BT Sport.

"Sulit, kami tahu itu. Ini pertandingan keempat kami dalam 10 hari, pertandingan tandang, perjalanan panjang dan orang-orang mengharapkan (kemenangan)."

"Saya tahu kami adalah tim yang bagus, dan kami terus melakukan hal-hal yang baik. Tapi orang berharap kami datang ke sini dan menang 4 atau 5-0, kami tidak mampu melakukan itu," lanjutnya.

Hasil ini sebenarnya menjadi modal yang cukup untuk The Citizens lolos ke babak berikutnya. Pasalnya, pada leg kedua, mereka akan menjamu Leipzig di Etihad Stadium pada 15 Maret 2023.

Hasil imbang 0-0 sudah cukup mengantarkan mereka menuju perempat final Liga Champions musim ini.

Susunan Pemain

RB Leipzig (4-2-2-2): Janis Blaswich; Lukas Klostermann (46' Benjamin Henrichs), Willi Orban, Josko Gvardiol, Marcel Halstenberg; Konrad Laimer, Xaver Schlager (82' Amadou Haidara); Dominik Szoboszlai, Emil Forsberg (66' Christopher Nkunku); Timo Werner, Andre Silva (82' Yussuf Poulsen).

Manchester City (4-2-3-1): Ederson; Kyle Walker, Manuel Akanji, Ruben Dias, Nathan Ake; Rodri, Ilkay Gundogan; Riyad Mahrez, Bernardo Silva, Jack Grealish; Erling Haaland.