Plus Minus Teknologi VAR Dalam Dunia Sepak Bola
Plus minus teknologi VAR. (Foto: Pexels/Riccardo)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Teknologi terus memiliki dampak besar pada hampir setiap aspek kehidupan saat ini. Jika Anda berpikir bahwa teknologi hanya digunakan secara luas di industri dan organisasi besar, Anda akan terkejut mengetahui bahwa teknologi juga digunakan secara luas di sepak bola. Sepak bola adalah olahraga paling populer di dunia dan untuk waktu yang lama, teknologi bukanlah pertimbangan utama saat memainkan pertandingan kompetitif. Namun, sejak 2018, selama turnamen piala dunia di Rusia, VAR telah memantapkan dirinya sebagai teknologi integral yang membantu membuat keputusan penting selama pertandingan. Yuk cari tahu plus minus teknologi var!

Selain wasit manusia, VAR sangat berguna dalam permainan karena membantu mengetahui apa yang tidak dapat dilihat oleh wasit pusat dan hakim garis. Dengan teknologi yang menjadi bagian tak terpisahkan dari liga utama di seluruh dunia, sulit untuk mengabaikan dampaknya. Namun, seperti halnya inovasi teknologi lainnya, ada kelemahan terkait VAR yang harus Anda ketahui. Dalam artikel ini, Anda akan belajar tentang pro dan kontra VAR dalam sepak bola.

Plus Minus Teknologi Var

Plusnya

  • Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik

Salah satu kelebihan VAR adalah kemampuan wasit untuk membuat keputusan berdasarkan informasi terkait insiden selama pertandingan. Jika Anda telah mengikuti sepak bola untuk sementara waktu atau jika Anda adalah penggemar berat permainan, Anda tahu betul bahwa keputusan wasit sangat penting. Sebelum pengenalan VAR, wasit tidak mungkin membatalkan keputusan setelah insiden. Saat ini, seorang wasit bisa saja berubah pikiran karena pengaruh VAR. Misalnya, jika wasit memutuskan untuk memberikan penalti dan VAR melihatnya secara berbeda, dia dapat membatalkan keputusan awal.

Jadi, teknologi tersebut memiliki keunggulan yang memungkinkan wasit memiliki kesempatan kedua untuk membuat keputusan yang tepat setelah kesalahan awal. Sejujurnya, wasit adalah manusia dan, oleh karena itu, mereka dapat membuat kesalahan saat membuat keputusan penting selama pertandingan sepak bola. Selama kejadian seperti itu, teknologi VAR memungkinkan wasit bersikap adil dan membuat kesimpulan berdasarkan bukti.

  • Keseruan Selama Pertandingan

Sepak bola adalah permainan indah yang menyatukan orang-orang yang berbeda. Kegembiraan yang dimiliki para penggemar selama pertandingan dapat dipicu tidak hanya dengan menonton pertandingan tim favorit Anda, tetapi juga drama yang sering terjadi di stadion. Apa beberapa hal yang memicu drama di stadion? Percaya atau tidak, VAR berperan besar dalam mengintensifkan drama dan momen menegangkan yang terjadi dalam pertandingan sepak bola. Sebelum VAR membuat keputusan tentang suatu kejadian, biasanya ada penantian yang berlangsung beberapa menit. Penantian bisa memakan waktu hingga 5 menit tergantung pada sifat kejadiannya.

Beberapa skenario sangat teknis sehingga spesialis yang menangani teknologi harus memakan waktu lebih lama untuk membuat kesimpulan akhir. Pada saat-saat seperti itulah tingkat kegembiraan meningkat begitu tinggi di antara para penggemar. Sepak bola seharusnya tidak menjadi permainan yang membosankan. Wasit pusat dapat membuat keputusan dalam hitungan detik dan membiarkan permainan berlanjut, namun dia telah membuat keputusan yang salah. Itulah mengapa VAR sangat penting dalam menciptakan rasa ketegangan dan keseruan saat fans dari kedua tim menunggu keputusan akhir. Idealnya, permainan harus menciptakan ekspektasi dan antusiasme yang tinggi bagi para penggemar kedua tim, dan teknologi dapat memungkinkan hal ini.

  • Menjaga Disiplin Pemain

Disiplin pemain merupakan bagian integral dari olahraga. Terlepas dari olahraga yang diikuti seseorang, harus ada standar disiplin yang tinggi. Ada kasus pemain yang tidak disiplin saat bermain di pertandingan kompetitif. Ini adalah titik perhatian utama dalam sepak bola. Meskipun wasit hadir untuk memastikan bahwa para pemain yang sangat dibutuhkan menjaga kedisiplinan saat bermain sepak bola, ada kemungkinan bagi mereka untuk melewatkan momen dan insiden penting yang dapat menentukan hasil pertandingan. Karena itulah teknologi dalam sepak bola menjadi sangat penting. Misalnya, seorang pemain dapat melakukan tekel berbahaya pada pemain dan wasit gagal melihatnya dengan baik.

Jelas, keputusan wasit dalam kasus seperti itu tidak akan keluar dari fakta atau bukti, melainkan spekulasi. Kadang-kadang bahkan bisa keluar dari tekanan. Selain itu, seorang pemain dapat melakukan diving di dalam area penalti dengan maksud menarik keputusan penalti dari wasit. Ini adalah kurangnya disiplin dan integritas yang tepat karena dapat merugikan tim lain. Omong-omong, jika Anda ingin tahu mengapa banyak pemain sepak bola gagal, pastikan untuk membaca artikel saya tentang topik ini di sini.

Semua ini adalah praktik yang merusak reputasi olahraga yang baik. Setiap kali pemain menunjukkan kurangnya disiplin, itu tidak baik untuk permainan. Itu menghancurkan rasa permainan dan membuatnya tidak adil bagi tim dan pemain yang terpengaruh. Itu sebabnya VAR bagus untuk sepak bola. Ini adalah alat berharga yang membantu menjaga ketertiban selama pertandingan sepak bola. Setelah evaluasi ketat dari teknologi VAR, pemain yang melewati batas fair play akan dihukum dengan dikeluarkan dari lapangan atau menerima peringatan.

Bayangkan jika seorang pemain lolos dengan tekel serius yang berpotensi mengakhiri karier pemain lain. Itu tidak akan menjadi hal yang baik untuk permainan, bukan? Kabar baiknya adalah teknologi inovatif mampu memeriksanya dan membantu wasit membuat keputusan terbaik. Tidak ada yang ingin game paling populer di dunia kehilangan popularitasnya karena kasus ketidakdisiplinan. Itulah mengapa VAR menjadi teknologi olahraga yang populer di dunia sepak bola. Ini memiliki cara memulihkan ketertiban dalam permainan.

  • Menghindari Keputusan Kontroversial

Jika Anda telah menjadi penggemar sepak bola untuk beberapa waktu sekarang, Anda pasti memiliki, dalam ingatan Anda, beberapa momen kontroversial di mana keputusan dibuat atau insiden dibiarkan tidak terkendali dan, akibatnya, menimbulkan konsekuensi serius. Sayangnya, beberapa dari konsekuensi ini memengaruhi seluruh negara dan karier pemain. Bayangkan seorang pemain mencetak gol dengan tangan dan dibiarkan berdiri karena wasit tidak melihatnya lebih dekat. Apa yang akan dirasakan para pemain dan penggemar tim lawan? Bagaimana jika mereka gagal lolos ke piala dunia karena kejadian seperti itu? Dalam beberapa kasus, wasit gagal memberikan gol meskipun melewati garis gawang. Jelas, ini adalah situasi yang berdampak besar tidak hanya pada permainan, tetapi perasaan atau mereka yang merasa dirampok dari kemenangan dan usaha mereka.

Untuk memperbaiki masalah tersebut, teknologi VAR sangat berguna. Sejak awal, dimungkinkan untuk memberantas momen dan keputusan kontroversial. Dengan teknologinya, dimungkinkan untuk menghindari pertandingan dan keputusan kontroversial seperti itu. Ini membantu menegakkan keadilan dalam permainan yang indah. Wasit dapat melihat permainan dengan tajam dan membuat keputusan yang adil untuk semua orang yang terlibat. Tanpa keadilan, tidak mungkin penggemar dan komunitas sepak bola dapat menikmati permainan. Jika teknologi harus menjadi bagian dari sepak bola agar keadilan dapat ditegakkan, biarlah!

  • Meningkatkan Permainan

Semuanya perlu perbaikan agar dapat memenuhi tujuannya dengan cukup baik. Akan selalu ada area yang membutuhkan penyesuaian agar sesuatu menjadi efektif. Inilah yang dibutuhkan sepak bola untuk meningkatkan nilai dan kegunaannya di dunia yang mencintai olahraga. Meskipun ada banyak hal dan aspek yang akan membantu meningkatkan sepak bola, teknologi VAR adalah salah satu blok bangunan paling penting yang akan membantu membawa permainan ke tingkat yang lebih tinggi. Meskipun game tidak bisa sempurna, itu pasti membuat mereka memiliki rasa kewarasan. Seperti yang sudah Anda ketahui, wasit hanyalah manusia biasa yang tidak memiliki kemampuan untuk melakukan panggilan yang sempurna setiap saat. Namun, dengan diperkenalkannya teknologi dalam permainan, mereka dapat menangani pertandingan sepak bola dengan cara yang meningkatkan nilai permainan.

Minusnya

  • Pemborosan Waktu

Waktu adalah sumber daya yang sangat vital dalam pertandingan sepak bola. Jika sebuah tim mencari kemenangan dengan putus asa, apa pun atau siapa pun yang membuang-buang waktu akan menjadi rintangan besar bagi kesuksesannya. Seperti yang sudah Anda ketahui, keputusan VAR membutuhkan waktu karena melibatkan analisis yang cermat terhadap insiden yang diperiksa. Pada momen-momen tersebut, tim yang ingin menang merasa dirugikan karena memperlambat momentum permainan.

Demikian pula, para penggemar merasa kecewa karena waktu yang dibutuhkan untuk sampai pada kesimpulan akhir, terutama jika keputusan tersebut merugikan mereka. Selama menit-menit terakhir pertandingan, menghentikan permainan untuk menganalisis keputusan menciptakan ketegangan bagi salah satu tim karena waktu merupakan faktor yang sangat penting di sini. Waktu yang dihabiskan untuk analisis video dapat menjadi peluang yang menentukan bagi tim karena menunda momentum mereka. Ini adalah salah satu masalah yang diajukan oleh penentang VAR.

  • Kurangnya Transparansi

Sementara banyak yang percaya bahwa VAR membawa banyak hal baik ke dalam permainan, ada orang yang melihatnya secara berbeda. Mereka merasa tidak ada transparansi terkait keputusan wasit. Ketika insiden sedang ditinjau, tim VAR dan wasit pusat terlibat dalam pertimbangan sebelum sampai pada kesimpulan akhir. Berbeda dengan game lain seperti rugby di mana publik dapat mengakses percakapan semacam itu, tidak demikian halnya di sepak bola. Percakapan tetap tersembunyi dari publik dan hanya dua pihak yang memiliki akses ke sana. Pada masalah yang sama, badan sepak bola kemungkinan tidak akan menyetujui percakapan untuk dipublikasikan dalam waktu dekat.

  • Itu Masih Bisa Membuat Keputusan Salah

Terlepas dari gagasan bahwa VAR datang untuk membuat keputusan yang lebih baik, sangat disayangkan karena masih bisa membuat keputusan yang salah dan menciptakan kontroversi yang tidak perlu. Ini membuatnya tidak adil bagi tim, penggemar, pemain, dan pelatih yang terpengaruh oleh keputusan yang dibuat. Keputusan bisa bersifat subyektif, sehingga menciptakan jalan bagi kontroversi, yang tidak baik untuk permainan. Intinya di sini adalah karena VAR bertindak sebagai alat untuk membuat keputusan berdasarkan bukti, semuanya harus benar. Namun, meski teknologi akan menunjukkan apa yang terjadi, interpretasi dari tim VAR masih bisa salah dan berujung pada ketidakadilan.

  • Wasit Lebih Mengandalkan Teknologi

Terlepas dari penggunaan teknologi dalam permainan, keputusan wasit tetap penting. Olahraga mengandalkan keahlian dan pengalaman wasit untuk membuat keputusan yang tepat selama pertandingan. Untuk sebagian besar pertandingan sepak bola, keputusan wasitlah yang mengontrol permainan. Namun, dengan diperkenalkannya VAR, ada kemungkinan wasit kehilangan kepercayaan pada kemampuannya untuk memimpin pertandingan. Ada kemungkinan mereka terlalu bergantung pada VAR sehingga memengaruhi cara mereka membuat keputusan.

Ini akan melemahkan kebaikan permainan. Wasit harus mengendalikan pertandingan tanpa merasakan tekanan eksternal. Jika mereka membiarkan tekanan mengambil sebagian besar tanggung jawab mereka, mereka akan mengikis integritas permainan. Hal terbaik adalah membiarkan wasit memiliki kebebasan untuk membuat keputusan independen tanpa terlalu dipengaruhi oleh teknologi.

Kebenaran dari masalah ini adalah bahwa teknologi itu bagus dan memiliki peran besar dalam membuat sepak bola menjadi lebih baik. Kemampuan wasit untuk mendapatkan bantuan saat membuat keputusan penting selama pertandingan adalah ide cemerlang. Memang, ada banyak hal hebat yang terkait dengan VAR di dunia olahraga saat ini. Sepak bola berdiri untuk mendapat banyak manfaat. Namun, ada kerugian yang muncul dari penggunaan teknologi. Kerugian inilah yang harus membuat pejabat permainan ke papan gambar dan melakukan beberapa tinjauan untuk menentukan apa yang baik dan apa yang buruk. Setelah peninjauan seperti itu, akan mungkin untuk mengetahui di mana harus menyesuaikan - apa yang perlu ditambahkan, dan apa yang perlu ditinggalkan. Kami hanya bisa menunggu dan melihat bagaimana dunia sepak bola akan menanggapi kekhawatiran yang diangkat tentang VAR.

Jadi setelah mengetahui plus minus teknologi var, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!