Piala Dunia FIFA 2022 akan Gunakan Teknologi Offside Semi-otomatis, Bantu Wasit Buat Keputusan Lebih Akurat
Teknologi offside semi-otomatis akan digunakan di Piala Dunia FIFA 2022 (foto: FIFA)

Bagikan:

JAKARTA - FIFA bahwa Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar akan menggunakan sistem VAR (Video Asisten Wasit/video assistean refferre)  mulai 21 November. Alat ini dikenal sebagai teknologi offside semi-otomatis, untuk membantu mereka membuat keputusan lebih cepat dan lebih akurat tentang keputusan offside.

Menyusuk keberhasilan penggunaan teknologi VAR di FIFA World Cup 2018 di Rusia, Presiden FIFA Gianni Infantino menyatakan dalam Visi 2020-2023 bahwa FIFA akan berusaha untuk memanfaatkan potensi penuh teknologi dalam sepak bola dan lebih meningkatkan VAR. 

Teknologi yang diperbarui ini akan menggantikan sistem VAR lama. Sistem baru ini menggunakan 12 kamera pelacak khusus yang dipasang di bawah atap stadion untuk melacak bola dan hingga 29 titik data dari masing-masing pemain. Kemudian 29 titik data ini yang dikumpulkan mencakup semua anggota badan dan ekstremitas yang relevan untuk melakukan panggilan offside

"Dengan bekerja sama dengan adidas dan berbagai mitra, dan terutama dengan Kelompok Kerja untuk Keunggulan Inovasi dan penyedia teknologi, FIFA telah menghabiskan beberapa tahun terakhir untuk lebih meningkatkan sistem VAR, termasuk penggunaan teknologi offside semi-otomatis," tulis FIFA dalam rilisnya, dikutip Selasa, 5 Juli.

"VAR telah memiliki dampak yang sangat positif pada sepak bola dan kita dapat melihat bahwa jumlah kesalahan besar telah berkurang secara dramatis. Kami berharap teknologi offside semi-otomatis dapat membawa kami selangkah lebih maju," kata Pierluigi Collina, ketua Komite Wasit FIFA.

Menurutnya, teknologi offside semi-otomatis ini bisa menawarkan keputusan yang lebih cepat dan lebih akurat, dibandingkan tanpa menggunakan teknologi VAR.

Tes lebih lanjut akan dilakukan dalam beberapa bulan mendatang untuk menyempurnakan sistem sebelum standar global diterapkan untuk memastikan bahwa teknologi baru dapat digunakan di dunia sepak bola.

Semua detail tentang pengaturan teknologi offside semi-otomatis dan teknologi bola yang terhubung akan dipresentasikan kepada tim yang lolos ke Piala Dunia FIFA 2022 di Lokakarya Tim di Doha pada 4 dan 5 Juli dan kemudian dibagikan kepada publik.