Menpora Langsung Lapor Presiden Joko Widodo Jika Terpilih Jadi Waketum PSSI
Menpora Zainudin Amali. (Dok. Situs Kemenpora)

Bagikan:

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengaku akan langsung melapor ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) jika terpilih menjadi wakil ketua umum PSSI periode 2023-2027.

Amali merupakan satu dari 16 orang yang maju mencalonkan diri menjadi wakil ketua umum induk sepak bola nasional itu dalam kongres luar biasa (KLB) PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis, 16 Februari 2023.

"Kalau nanti ada yang milih, ya kalau ada yang milih dan saya terpilih saya segera lapor kepada Bapak Presiden [Joko Widodo] karena saya sebagai pembantu presiden," kata dia kepada awak media.

Meski demikian, ia sendiri belum bisa memastikan apakah terpilih atau tidak dalam kongres ini. Pria asal Gorontalo itu mengatakan bahwa ia sepenuhnya menyerahkan nasibnya kepada pemilik hak suara.

"Ya, nanti lihat saja, ada yang pilih atau tidak. Tanya voters (pemilik hak suara). Saya tidak tahu," kata sosok berusia 60 tahun tersebut.

Dalam KLB tahun ini sebanyak 86 voter akan memilih satu ketua umum, dua wakil ketua umum, dan 12 anggota komite eksekutif PSSI untuk periode 2023-2027. Total ada empat calon ketua, 16 calon wakil, dan 55 calon anggota.

Empat calon ketua umum yang akan bertarung dalam KLB ini adalah Erick Thohir (Menteri BUMN), La Nyalla Mattalitti Ketua DPD RI), Arif Putra Wicaksono, dan Doni Setiabudi.

Sebelum calon ketua umum sebenarnya ada lima nama. Namun, Fary Djemy Francis sudah mengundurkan diri dari pencalonan pada Rabu kemarin.