Lantunkan Pantun, Menpora Resmi Buka KLB PSSI 2023
Menpora Zainudin Amali (kiri) bersama Ketum PSSI Mochamad Iriawan saat pembukaan KLB PSSI 2023. (Foto: Ulfa Gusti Utami/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali resmi membuka Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang digelar di Shangri-La, Jakarta Pusat, Kamis 15 Februari pagi.

Saat memberikan kata sambutan, Zainudin Amali menyampaikan pantun sebagai pembuka. Pantun tersebut disambut para peserta.

“Bermain bola di kali baru, bola di tendang jauh melambung. Setelah terpilih pemimpin baru mari bersama kita mendukung,” buka Zainudin Amali sambil tertawa.

Setelah menyampaikan pantun, Menpora menyampaikan harapannya agar agenda ini dapat berjalan lancar dan tidak ada hambatan.

Sebagaimana diketahui, KLB PSSI 2023 berlangsung untuk menentukan kepengurusan baru PSSI. Pengurus PSSI pusat periode 2023-2027 nantinya terdiri dari 1 Ketua Umum, 2 Wakil Ketua Umum dan 12 anggota Komite Eksekutif (Exco).

Lebih lanjut, Menpora Amali mengapresiasi kinerja Mochamad Iriawan selama menjabat Ketua Umum PSSI. Pasalnya, di masa jabatan Iriawan Indonesia berhasil membenahi peringkatnya di ranking FIFA.

"Pak Iriawan luar biasa, terima kasih. Para wakil, exco, dan lain-lain. Perlu diketahui bahwa peringkat Indonesia saat beliau (Mochamad Iriawan) memimpin itu 173. Hari ini dia mengakhiri jabatanya, timnas Indonesia ada di peringkat 151. Kita harus apresiasi ini," ucapnya menambahkan.

Meski pembukaan sempat mundur selama 30 menit tapi agenda berjalan dengan lancar. Menpora resmi membuka acara KLB PSSI 2023 ini sekitar pukul 10.32 WIB yang ditandai secara simbolis dengan memukul gong.

Dalam KLB PSSI 2023 ini terdapat empat calon Ketum PSSI 2023/2027. Empat nama tersebut adalah Erick Thohir, La Nyalla Mattalitti, Doni Setiabudi, dan Arief Putra Wicaksono.

Sejatinya ada lima kandidat, namun Fary Djemi Francis secara mengejutkan mundur H-1 jelang KLB PSSI 2023. Sementara itu ada 15 waketum, di mana salah satunya yaitu Menpora Amali dan juga terdapat juga 54 calon Exco PSSI.