Malaysia Open 2023: Unggulan Ketiga Disikat, Apriyani/Fadia Menantang Unggulan Pertama di Semifinal
Pasangan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti. (Foto: Twitter/@INABadminton)

Bagikan:

JAKARTA - Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang menjadi satu-satunya wakil ganda putri untuk Indonesia di Malaysia Open 2023 berhasil merebut tiket ke babak semifinal. Hasil itu diraih usai menumbangkan wakil Korea Selatan, Kim So-yeong/Kong Hee-yong.

Upaya merebut kemenangan Apriyani/Fadia di babak perempat final tak mudah karena lawan mereka kali ini merupakan ganda putri unggulan ketiga.

Namun,  perjuangan Apriyani/Fadia di Axiata Arena, Malaysia pada Jumat, 13 Januari berbuah manis. Mereka berhasil menyingkirkan wakil Korea Selatan itu dalam pertarungan selama 62 menit dengan poin 22-20 dan 21-15.

Sejak gim pertama penampilan Apriyani/Fadia cukup meyakinkan dengan mengamankan poin lebih dulu dan unggul menjelang interval. Mereka juga berhasil memimpin dengan skor 11-9.

Setelah jeda upaya untuk mengamankan poin lebih mudah dilakukan, meski ada sedikit perlawanan dari Kim/Kong Apriyani/Fadia menutup gim pertama dengan skor 22-20.

Lanjut di gim kedua, penampilan Apriyani/Fadia sempat menurun dan tertinggal menjelang interval kedua. Tapi saat poin berjarak tiga angka, Apriyani/Fadia mampu mengejar dan unggul 11-9 atas lawan.

Catatan poin itu menjadi modal besar bagi Apriyani/Fadia yang langsung tancap gas dengan skor unggul 13-9. Setelahnya beberapa poin kembali dikumpulkan dengan seksama oleh wakil Indonesia, Kim/Kong justru tertahan dan gagal mengejar hingga Apriyani/Fadia unggul di gim kedua dengan skor 21-15.

Hasil ini membawa mereka melaju ke babak semifinal untuk menantang unggulan pertama, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan. Wakil China itu lolos ke babak semifinal Malaysia Open 2023 setelah menumbangkan wakil Bulgaria, Gabriela Stoeva/Stefani Stoeva. 

Di babak perempat final, Chen/Jia memperoleh kemenangan lewat perlawanan sengit selama 50 menit yang berakhir dengan skor 21-17 dan 21-17.

Langkah Apriyani/Fadia di turnamen Super 1000 ini memang sudah terjal sejak awal, karena sebelum babak perempat final mereka juga mesti melawan unggulan kelima.