Fans Al Nassr Harus Sabar, Cristiano Ronaldo Belum Bisa Debut Malam Ini
Pemain baru Al Nassr, Cristiano Ronaldo. (Foto: Twitter/@AlNassrFC)

Bagikan:

JAKARTA - Cristiano Ronaldo resmi dilarang oleh Federasi Sepak Bola Inggris (FA) untuk melakukan debut bersama Al-Nassr karena hukuman merusak ponsel suporter cilik Everton pada April lalu.

Meskipun pemain 37 tahun itu sudah pindah, larangan tersebut rupanya masih berlaku. Ia dilarang tampil dalam dua pertandingan, termasuk laga debut melawan Al Ta'ee, Kamis, 5 Januari malam nanti.

The Sun melaporkan, selain dilarang tampil di klub baru, Insiden membanting telepon itu membuat ia juga harus membayar denda. Ronaldo baru mendapat sanksi ini setelah ia didepak dari Manchester United pada 23 November lalu.

Rentang waktu yang panjang untuk menjatuhkan sanksi ini dilatari oleh proses investigasi yang dilakukan. Oleh karena itu, konsekuensinya baru diterima Ronaldo di saat ia baru mau memulai laga pertamanya di Liga Pro Arab.

Larangan ini merujuk pada Pasal 12.1 Peraturan FIFA tentang Status dan Transfer Pemain mengatakan, "Setiap sanksi disiplin hingga empat pertandingan atau hingga tiga bulan yang telah dijatuhkan kepada seorang pemain oleh asosiasi sebelumnya tetapi belum (sepenuhnya) dilaksanakan pada saat transfer akan diberlakukan oleh asosiasi baru di mana pemain telah terdaftar agar sanksi dapat dijalankan di tingkat domestik."

FA mengklarifikasi bahwa Ronaldo harus menjalani skorsingnya bahkan jika dia pindah ke luar negeri dengan alasan tertulis.

Mereka menulis, "Kami mencatat bahwa Pemain telah berpartisipasi dalam wawancara yang diterbitkan baru-baru ini di mana dia mengkritik Manchester United. Kami tidak tahu apa efek yang mungkin atau akan terjadi pada masa depannya dengan klub itu atau apakah akan mengambil tindakan disipliner sehubungan dengan itu. Penangguhan yang kami lakukan harus memiliki efek."

"Dengan kata lain, itu berlaku untuk pertandingan kompetitif tim utama MUFC di mana dia memenuhi syarat untuk dipilih. Jika dia meninggalkan MUFC sebelum menyelesaikan dua pertandingan kompetitif tim utama, saldo penangguhan akan berlaku untuk klub baru mana pun yang harus dia ikuti," lanjut pernyataan itu.

Ronaldo, pemenang Ballon d'Or lima kali, sekarang menjadi olahragawan dengan bayaran tertinggi di dunia setelah ia menandatangani kontrak 173 juta poundsterling Rp3,3 per tahun.