Piala AFF 2022: Mimpi Buruk Timnas Indonesia Datang, Vietnam Resmi Jadi Lawan di Semifinal
Vietnam dipastikan menjadi lawan Timnas Indonesia di semifinal Piala AFF 2022. (Foto: Twitter/@FootyVietnam)

Bagikan:

JAKARTA - Vietnam memastikan diri jadi juara Grup B setelah menang 3-0 atas Myanmar dalam laga terakhir fase grup pada Selasa, 3 Januari. Hasil ini membuat pasukan Golden Dragon resmi jadi lawan Indonesia di babak semifinal Piala AFF 2022.

Tuan rumah membuka keunggulan di menit ke-8 dengan cara tak terduga. Gol bunuh diri Kyaw Zin Lwin justru membawa titik cerah untuk pasukan Golden Dragon.

Penyesalan Myanmar berusaha dibalas dengan mengejar ketertinggalan, namun upaya pasukan Asian Lions masih belum berbuah manis.

Alih-alih mengejar kebuntuan, tim asuhan Antoine Hey malah kembali dapat pukulan telak. Vietnam berhasil menggandakan skor jadi 2-0 kali ini lewat sepakan Nguyen Tien Lith saat laga berjalan 27 menit dan keunggulan Vietnam bertahan hingga jeda turun minum.

Di babak kedua Myanmar kembali harus mengakui keunggulan Vietnam yang mengubah keadaan dengan skor 3-0. Gol ketiga itu diciptakan Chau Ngoc Quang lewat assist dari Nguyen Hoang Duc.

Dengan kemenangan 3-0 atas Myanmar, Vietnam memimpin Grup B dengan 10 poin. Mereka akan menantang Indonesia yang runner up Grup A.

Sementara itu, Malaysia merebut satu tiket ke semifinal dari Grup B. Mereka lolos setelah mengalahkan Singapura dengan skor 4-1 dan akan menantang Thailand di babak berikutnya.