Timnas Indonesia Berpeluang Bertemu Vietnam di Semifinal, Ini Tanggapan Dendy Sulistyawan
Pemain timnas Indonesia, Dendy Sulistyawan. (Foto:Twitter/@PSSI)

Bagikan:

JAKARTA — Timnas Indonesia lolos ke babak semifinal Piala AFF 2022 usai mengalahkan Filipina di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin, 2 Januari malam WIB. Sayang kemenangan itu membuat Skuad Garuda gagal menjadi juara Grup A.

Hasil ini membuat pasukan Shin Tae Yong harus menjadi runner up grup setelah di saat yang bersamaan Thailand menang 3-1 melawan Kamboja.

The War Elephant dan Indonesia sebenarnya sama-sama mengoleksi 10 poin dari empat laga. Namun, pasukan Alexandré 'Mano' Polking tersebut unggul selisih gol.

Di babak semifinal nanti, Garuda akan bersua dengan juara Grup B. Vietnam, Singapura, dan Malaysia adalah calon lawan Marselino dan kawan-kawan.

Malaysia dan Singapura akan saling berhadapan di laga terakhir hari ini, Selasa, 3 Januari. Sementara itu, Vietnam yang saat ini di posisi wahid, akan berhadapan dengan Myanmar yang sudah tereliminasi.

Striker Timnas Indonesia, Dendy Sulistyawan menegaskan, mereka tak gentar melawan juara Grup B. Skuad Garuda dalam mode siap tempur siapa pun lawannya.

"Kami tidak peduli melawan siapa. Yang penting kami fokus ke diri sendiri," kata Dendy, yang mencetak satu gol ke gawang Filipina.

Timnas Indonesia memang perlu fokus pada diri sendiri. Pasalnya, masih banyak yang harus dievaluasi, satu di antaranya adalah penyelesaian akhir.

Dendy pun mengakui kualitas penyelesaian akhir skuadnya buruk selama menjalani laga-laga di fase Grup A Piala AFF 2022.

"Kami harus memfokuskan (evaluasi-red) penyelesaian akhir itu," ujarnya, seperti dikutip dari Antara, Selasa, 3 Januari.

Pesepak bola berusia 26 tahun itu memastikan bahwa skuad "Garuda" sebisa mungkin terus mengasah kemampuan menuntaskan kesempatan di depan gawang. Dendy tidak ingin lini depan Indonesia tumpul saat berlaga di semifinal Piala AFF 2022 yang leg pertamanya berlangsung pada 6 Januari 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

"Kami terus membenahi apa yang kurang di dalam tim," tutur pemain klub Bhayangkara FC itu.