Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez Ditunjuk Jadi Duta Penglihatan
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez. (Dok. MotoGP)

Bagikan:

JAKARTA - Marc Marquez resmi ditunjuk sebagai duta penglihatan. Pebalap Repsol Honda itu akan membantu proyek amal bertajuk Learn for Sight di Haiti.

Dikutip dari Speedweek, sebagai duta penglihatan, nantinya Marquez akan bekerja sama dengan sebuah klinik dari Barcelona yang fokus dalam membantu penyembuhan gangguan penglihatan.

Ditunjuknya Marquez sebagai duta ternyata punya alasan kuat. Pebalap berjuluk The Baby Alien itu sempat punya pengalaman sebagai penderita gangguan penglihatan.

Marquez mengalami penyakit diplopia atau penglihatan ganda yang membuatnya sempat rehat dari balap. Beruntung, kini ia terus membaik setelah menjalani dua kali operasi.

Dari pengalamannya itu, Marquez berharap ia dapat berkontribusi dengan membantu masyarakat miskin Haiti untuk sembuh. Dia ingin apa yang pernah dirasakannya saat mendapat bantuan tim medis menyembuhkan diplopia bisa pula dirasakan warga Haiti.

"Ketika saya menderita diplopia, saya tidak hanya sulit bersaing, tapi juga tidak mandiri karena saya tidak dapat berkeliling dengan mobil. Saya bergantung pada orang lain dan saya tidak bisa membaca dengan kedua mata terbuka," kata Marquez dikutip dari Speedweek, Kamis, 22 Desember.

"Cedera lengan atas itu sakit, tapi terkadang Anda bisa melupakannya. Namun saat Anda mengalami penglihatan ganda, Anda tidak bisa melupakannya sepanjang hari, kecuali saat kamu tidur," sambungnya.

“Ini proyek yang sangat bagus, saya merasakannya. Anda membantu di negara yang membutuhkan bantuan. Dengan bantuan seperti ini Anda dapat menyelamatkan keluarga," Marquez menuturkan.

Bukan cuma didaulat sebagai duta yang akan secara aktif mengampanyekan soal kesehatan penglihatan, sumber juga menyebut bahwa Marquez turun langsung dalam membantu secara finansial dengan menjadi donatur.