Repsol Honda Resmi Umumkan Pengganti Marc Marquez di MotoGP Argentina, Kira-kira Siapa?
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez. (Dok. MotoGP)

Bagikan:

JAKARTA - Tim pabrikan Repsol Honda resmi mengumumkan pebalap pengganti Marc Marquez untuk tampil di MotoGP Argentina 2022. Pebalap penguji, Stefan Bradl, diberi kesempatan menggantikan posisi The Baby Alien.

Kabar tersebut dibagikan langsung oleh Repsol Honda lewat unggahan terbaru mereka di Instagram resmi pada Rabu, 30 Maret.

"Siap kembali ke #ArgentinaGP @stefanbradl6 kembali bersama kami akhir pekan ini. Seperti yang kami inginkan @marcmarquez93 cepat pulih penuh," tulis akun tersebut.

Sebelumnya, Repsol Honda mengumumankan Marquez terpaksa absen dari MotoGP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo pada 1-3 April mendatang. Penyakit diplopia menjadi alasan pebalap asal Spanyol itu absen.

Seperti diketahui, Marquez mengalami empat kecelakaan hebat sepanjang gelaran MotoGP Mandalika, dua pekan lalu. Salah satunya terjadi di sesi pemanasan, di mana insiden itu terbilang mengerikan. Ia mengalami gegar otak dan disarankan tak ikut balapan seri kedua.

Dalam perjalanan pulang ke Spanyol, Marquez tiba-tiba merasa penglihatan mata kanannya tak nyaman. Setelah menjalani pemeriksaan medis darurat di Barcelona, Marquez dinyatakan kembali mengalami diplopia alias penglihatan ganda.

Karena kondisi kesehatannya itu Marquez harus absen dari Argentina. Sang dokter mata, dr. Sanchez Dalmau, menyatakan sejatinya kondisi mata Marquez terus membaik, tapi ia disarankan absen dari balapan di Argentina demi mengoptimalkan terapi dan perawatan lanjutan.

Ini bukan kali pertama bagi Bradl menjadi pengganti pebalap nomor 93 itu. Dalam tiga tahun terakhir, Bradl sudah beberapa kali jadi pengganti Marquez.

Bahkan pada 2020, Marquez sempat absen hampir semusim penuh akibat cedera patah tulang lengan. Bradl tercatat tampil 12 kali pada musim itu.