Usai Insiden Horor di Portugal, Marc Marquez Dipastikan Absen di MotoGP Argentina 2023
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez. (Foto: Twitter/@HRC_MotoGP)

Bagikan:

JAKARTA - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, dipastikan absen pada balapan MotoGP Argentina 2023. Pebalap asal Spanyol itu dilaporkan baru saja menjalani operasi.

Operasi ini dilakukan untuk proses pemulihan cedera patah tulang metacarpal pertama di tangan kanannya. Cedera ini akibat insiden horor di MotoGP Portugal, akhir pekan kemarin.

Kabar ini disampaikan Repsol Honda melalui situs resmi mereka, pada Senin, 27 Maret sore WIB.

"Usai menjalani operasi perbaikan patah tulang metacarpal pertama di tangan kanannya, Marc Marquez bakal absen di putaran kedua (Argentina) Kejuaraan Dunia MotoGP 2023," tulis pernyataan resmi itu.

Dalam keterangan yang sama, tim pabrikan juga menjelaskan kondisi yang dialami Marquez. Operasi berjalan sukses dan semua pihak kini fokus untuk kesembuhan pebalap bernomor 93 itu.

"Marc Marquez didiagnosa mengalami patah tulang intraartikular di pangkal metakarpal pertama ibu jari tangan kanan. Marquez telah menjalani operasi di Ruber Internacional Hospital di Madrid,” lanjut keterangan itu.

"Marc Marquez dan Tim Repsol Honda telah memilih juara dunia delapan kali itu melewatkan putaran Kejuaraan Dunia berikutnya untuk sepenuhnya fokus pada pemulihan dan tiba di putaran berikutnya dalam kondisi terbaik," tandas sumber yang sama.

Sebelumnya diberitakan, Marc Marquez mengalami insiden parah di MotoGP Portugal, Minggu, 26 Maret. Dia melakukan manuver berbahaya dan menyenggol pebalap Pramac Ducati, Jorge Martin.

Marquez kemudian menabrak pebalap Cryptodata RNF Aprilia, Miguel Oliveira, hingga terjatuh pada lap ketiga. Kedua pebalap gagal menyelesaikan balapan dan mengalami cedera.

Tindakan Marquez itu dianggap membahayakan pebalap lain dan membuatnya dijatuhi hukuman dua long lap pada seri berikutnya.