Miguel Oliveira Menyusul Marc Marquez, Ikutan Absen di MotoGP Argentina
Pebalap RNF Aprilia, Miguel Oliveira, bakal absen di MotoGP Argentina. (Foto: Twitter/@rnfracingteam)

Bagikan:

JAKARTA - Pebalap RNF Aprilia, Miguel Oliveira, dipastikan absen dari seri kedua MotoGP 2023 yang berlangsung di Argentina pada Minggu, 2 April mendatang. Dia dilaporkan mengalami cedera yang serius pasca ditabrak Marc Marquez di MotoGP Portugal, akhir pekan kemarin.

Kondisi pebalap asal Portugal itu tak memungkinkannya untuk ambil bagian pada balapan yang akan dihelat di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina, demikian yang dilansir dari laman resmi MotoGP.

"Pebalap MotoGP, Miguel Oliveira tidak akan berpartisipasi di Grand Prix Argentina mendatang karena cedera baru-baru ini," tulis pernyataan resmi MotoGP dikutip pada Selasa, 28 Maret.

Keterangan itu juga menyebut, akibat kecelakaan itu, Miguel Oliveira harus menjalani pemeriksaan lanjutan di negaranya. Hasilnya menyatakan sang pebalap tak dapat melanjutkan penampilan di seri kedua nanti.

"Menyusul kecelakaannya di Grand Prix Portugal, Oliveira menjalani pengujian lebih lanjut di kampung halamannya, di mana kerusakan lebih lanjut terungkap dan tidak memungkinkannya untuk memulai GP kedua musim ini," lanjut keterangan MotoGP.

Cedera yang didapat Miguel Oliveira akibat dari insiden pada lap ketiga MotoGP Portugal. Kala itu Oliveria tiba-tiba ditabrak Marquez dari belakang. Kedua pebalap itu keluar dari trek dan terseret ke gravel.

Usai tabrakan terjadi, Marquez bangkit dari motor tapi Oliveira terlihat kesakitan dan kesulitan bangun. Bahkan dia harus dibopong untuk keluar dari sirkuit.

Dalam akun instagram pribadinya, Miguel Oliveira menjelaskan kakinya bermasalah usai ditabrak pebalap Repsol Honda tersebut.

"Ditemukan cedera tendon pada rotator eksternal kaki kanan, yang tidak hanya menghalangi saya untuk berjalan, tetapi juga untuk mengendarai motor dan ketika membelok. Ini adalah cedera yang tidak dapat dioperasi dan hanya istirahat yang membantu pemulihan. Untuk alasan ini, saya tidak akan hadir di GP Argentina," kata Miguel Oliveira dalam akun Instagramnya.