Jelang MotoGP 2022, Marquez Mengaspal di Portimao 
Marc Marquez (Insaatgram @marcmarquez93)

Bagikan:

JAKARTA – Persiapan Marc Marquez untuk kembali ke MotoGP terus dilakukan. Teraktual, pebalap Spanyol itu kembali mengaspal Sirkuit Algarve, Portimao.

Tim Repsol Honda lewat Twitter mengumumkan Marquez menjalani latihan di Portimao, sirkuit untuk Grand Prix Portugal, pada Minggu, 16 Januari. Dalam latihan itu ia mengendarai RC213V-S.

"@marcmarquez93 kembali ke trek mengendarai RC213V-S saat ia melanjutkan penilaian lebih lanjut terhadap kondisinya jelang musim 2022," tulis tim Repsol Honda, dikutip Antara.

Marquez melewatkan seluruh musim 2020 dan beberapa balapan seri pertama musim 2021. Ini karena kecelakaan yang dialaminya dan menyebabkan cedera serius pada lengan kanan.

Ia kembali memacu kuda besinya pada 2021, tetapi harus menyelesaikan musim lalu lebih cepat karena masalah penglihatan ganda yang ia derita. Ia tidak bisa menuntaskan dua seri terakhir MotoGP 2021, termasuk tes pasca musim di Jerez.

Sang pebalap tim Repsol Honda sempat absen menunggangi motor sejak kepalanya terbentur dan menyebabkan ia menderita penglihatan ganda.

Kabar positif datang pada pekan lalu ketika Marquez mendapat restu dari dokter Sanchez Dalmau untuk kembali berlatih dengan sepeda motor menyusul perbaikan penglihatan sang pebalap.

Marquez akan mengikuti saran dari tim medis setelah merampungkan latihan di Portimao sebelum konfirmasi apakah ia fit untuk mengikuti tes pramusim di Sepang, Malaysia pada 5-6 Februari.

"Masalah penglihatan tak pernah mudah. Akhir bulan lalu saya mulai merasa semakin baik, dan senang rasanya menjadi lebih baik," kata Marquez saat presentasi tim HRC pada Jumat dikutip laman resmi MotoGP.

MotoGP 2022 akan dimulai pada 4-6 Maret 2022 di Sirkuit Losail International, Qatar. Sebanyak 20 Grand Prix bakal digelar di musim 2022, termasuk MotoGP Mandalika.