Aura Kepercayaan Diri Tampak pada Francesco Bagnaia dan Fabio Quartararo Jelang Seri Pembuka MotoGP 2023
Pebalap Ducati, Francesco Bagnaia. (Foto: Twitter/@ducaticorse)

Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah pebalap MotoGP merasa percaya diri dalam menghadapi balapan perdana musim 2023. Rasa optimistis kian membara setelah menjalani sesi tes pramusim di Sirkuit Portimao, Portugal, yang akan jadi venue seri pembuka.

Juara dunia MotoGP 2022, Francesco Bagnaia, menjadi pebalap yang mendominasi tes Portimao, akhir pekan kemarin. Hasil itu membuatnya merasa bisa lebih baik saat balapan nanti.

"Saya sangat senang. Saya merasa baik-baik saja dalam tes lima hari ini," kata Bagnaia.

Pada sesi tes pramusim jelang balapan perdana itu, pebalap asal Italia tersebut mencatat waktu tercepat tepat di depan Johann Zarco (Pramac Ducati) dan Fabio Quartararo (Monster Yamaha Racing MotoGP).

Bahkan, Bagnaia menjadi satu-satunya pebalap dalam hasil tes yang mencatat waktu 1 menit 38 detik. Torehannya itu pun memecahkan rekor lap yang ia buat pada tahun 2021.

"Kami siap untuk balapan (Grand Prix) pertama (di Portugal ini). Kami harus terus (menjaga performa) seperti ini," ujar Bagnaia, dikutip dari AFP via Antara, Senin, 13 Maret.

Sementara itu, Quartararo sempat mengalami hari Sabtu yang mengecewakan di Portimao. Dia hanya finis di posisi ke delapan.

Namun, peningkatan besar dibuatnya pada hari berikutnya. "Sebuah peningkatan besar. Saya cukup senang. Masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki, tapi kami telah membuat langkah besar dari kemarin dan dari Sepang," kata pebalap Yamaha itu.

Lebih lanjut, pebalap Italia Luca Marini (Ducati-VR46), yang menjadi pembalap tercepat di Sepang, berada di urutan keempat terbaik selama dua hari di Portimao. Ia di hari pertama pun sempat finis di posisi pertama.

Di sisi lain, juara dunia enam kali Marc Marquez (Honda), yang tiga musim terakhirnya berulang kali terganggu oleh cedera dan operasi, hanya bisa mencatat waktu tercepat ke-14, atau terpaut 0,810 detik dari Bagnaia.

"Saya ingin optimistis, tapi saya tidak bisa super optimistis. Kami masih jauh (di belakang)," kata pebalap Spanyol itu.

Sirkuit Portimao di Portugal Selatan akan menjadi tuan rumah Grand Prix pertama musim 2023 menggantikan Sirkuit Losail, Qatar. Rangkaian balapan akan digelar pada 24-26 Maret.