Kolaborasi Pedri-Gavi Dinilai Lebih 'Ngeri' Ketimbang Duet Xavi-Iniesta
Pedri (kanan) dan Gavi menjadi motor di lini tengah Barcelona. (Foto: Instagram.com/@fcbarcelona)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez memuji perpaduan Pedri dan Gavi di lini tengah timnya. Menurut sang pelatih, keduanya tampil lebih baik dalam mengawal sektor tengah ketimbang duet dirinya dan Andres Iniesta saat masih membela Blaugrana di usia muda.

Pedri dan Gavi memang jadi andalan Xavi di lini tengah Barcelona. Padahal kedua pemain masih terbilang sangat muda.

Pedri masih berusia 20 tahun, sedangkan Gavi kini baru menginjak 18 tahun. Sejauh ini kedua nama itu telah tampil 19 kali untuk tim yang berbasis di Katalan itu.

Dari penampilan itu Pedri telah berkontribusi dengan mencatatkan tiga gol, sementara Gavi mengemas satu assist untuk membantu Barca memimpin klasemen sementara La Liga.

Jauh sebelum duet Pedri dan Gavi, ada duet Xavi dan Iniesta tidak jarang dianggap sebagai duet terhebat dalam sejarah Barca dan Spanyol. Keduanya membawa Barca mendominasi sepak bola domestik dan memenangi empat titel Liga Champions.

Selain itu Xavi dan Iniesta juga berpengaruh besar dalam kesuksesan Spanyol memenangi Piala Dunia 2010 dan dua kali menjadi juara Piala Eropa di 2008 dan 2012.

"Ketika saya masih berusia 20 tahun dan Andres (Iniesta) 20 tahun, kami tidak selevel Pedri dan Gavi sekarang," kata Xavi dikutip dari ESPN pada Rabu, 21 Desember.

“Mereka itu superior daripada kami saat masih berusia 20 tahun, well, bahkan Gavi masih 18 tahun! Mereka lebih terlibat di tim utama di usia 20 dan 18 tahun," lanjutnya.

Ia menambahkan, "Bagaimana Gavi bersaing, gairah yang dia punya, bagi saya itu sebuah jaminan kesuksesan. Kami dulu tidak selevel mereka."

Namun, Xavi tak mengesampingkan peran pemain muda lainnya dalam tim. Dia menyebut Eric Garcia dan Ansu Fati juga tak kalah berkontribusi.