Kalahkan Brit Paul Butler di Ronde 11, Naoya Inoue: Duel Lebih Lama dari Biasanya, Saya Puas
Naoya Inaoue (Instagram @naoyainoue_410)

Bagikan:

JAKARTA — Petinju Jepang Naoya Inoue sukses menjadi raja kelas bantam yang tidak terbantahkan setelah mengalahkan lawannya asal Inggris Brit Paul Butler dalam 11 ronde. Dia mengaku puas meski duel berjalan lebih lama dari biasanya.

Butler yang berusia 34 tahun membawa gelar WBO miliknya ke Tokyo untuk menghadapi Inoue yang merupakan juara WBC, WBA, dan IBF. Sayang, ia takluk knock out (KO) dari petarung yang dijuluki Monster itu.

Kemenangan ini membawa Inoue, yang memulai karir sensasionalnya di kelas terbang super, mengincar divisi kelas bantam super.

"Terima kasih kepada Butler karena telah datang ke Jepang. Saya tidak dapat melakukan ini tanpa dia dan saya memuji dia," ujar Inoue dilansir dari The Sun, Kamis, 15 Desember 2022.

"Saya mengantisipasi laga yang lebih lama dan saya dapat memperlihatkan lebih banyak kepada Anda. Jadi, saya senang. Duel lebih lama dari biasanya, saya puas," ia menambahkan.

Butler datang sebagai underdog dalam duel tersebut. Meski demikian, ia bisa bertarung jauh lebih lama untuk mematahkan prediksi banyak pihak yang memperkirakan dia tumbang hanya dalam beberapa ronde awal.

Hasil ini menunjukkan Butler dan pelatihnya Joe Gallagher bisa menjalankan rencana pertarungan tidak mau mengambil risiko di awal ronde sehingga memaksa Inoue ke ronde yang lebih lama.

Penjagaan Butler cukup tinggi dan disiplin sehingga ia bisa dengan mudah menangkis sebagian besar serangan yang dilakukan oleh Inoue. Ia tidak gampang jatuh ke dalam perangkap lawan sekalipun Monster berkali-kali memancingnya.

"Saya akhirnya menjadi juara kelas bantam yang tak terbantahkan, terima kasih banyak. Ini merupakan perjalanan panjang bagi saya, tetapi ini adalah babak terakhir di kelas bantam dan saya telah berhasil. Sekarang saya sedang mempertimbangkan untuk mengubah divisi saya," kata Inoue.