Bagikan:

JAKARTA – "The Monster" Naoya Inoue berhasil mewujudkan mimpinya menjadi juara dunia tinju di empat kelas berbeda. Petinju Jepang itu menumbangkan TKO Stephen Fulton asal AS di ronde ke-8, sekaligus merebut gelar juara kelas bantam super (55,3 kg) WBA dan WBO. Duel Inoue vs Fulton digelar di Ariake Arena, Tokyo, Jepang, Selasa malam 25 Juli 2023.

Kunci kemenangan Inoue adalah konsistensi serangan terhadap Fulton. Inoue sangat rajin melontarkan pukulan jab, sebagai pancingan agar pertahanan Fulton yang terkenal ketat terbuka. Hasilnya muncul saat ronde 8 memasuki menit ke-2.

Sebuah jab kiri dilontarkan Inoue ke perut Fulton. Sang juara bertahan bereaksi dengan menurunkan lengannya ke bagian perut. Reaksi tersebut membuat pertahanan di dagu Fulton terbuka, dan langsung dimanfaatkan Inoue secara maksimal.

Sontak sergapan straight kanan Inoue menghunjam ke dagu Fulton disusul hook kiri, dan itu membuatnya terkapar di kanvas. Fulton masih mampu bangkit namun tak mampu menemukan kesadaran penuh. Inoue pun langsung merangseknya dengan ganas.

Berondongan pukulan Inoue membuat Fulton tak berdaya di sudut biru. Wasit asal Panama, Hector Afu bertindak cepat menghentikan pertarungan. Laga pun berakhir TKO untuk kemenangan Inoue.

“Saya sangat gembira mampu menjadi juara baru di kelas bantam super. Saya mengucapkan banyak terima kasih atas semua dukungan yang diberikan pacandu tinju di manapun berada,” kata Inoue usai laga, seperti dikutip Fightnews.

Inoue yang saat ini berusia 30 tahun mempertahankan rekor tak terkalahkan dengan 25-0-0 (22 KO), sementara Fulton (29) menderita kekalahan pertama dengan rekor 21-1-0 (8KO). Setelah ini Inoue dijadwalkan menghadapi juara kelas bantam super WBA dan IBF, Marlon Tapales dari Filipina untuk perebutan gelar juara dunia sejati.

“The Monster” Inoue sebelumnya pernah menjadi juara dunia di kelas terbang junior (49 KO), terbang super (52,2 kg), dan bantam (53,5 kg).